Kepala Kantor Membuka Rakor Persiapan KSM

Demak – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, Ahmad Muhtadi membuka rapat koordinasi persiapan lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Senin (12/07/2021).

Wabah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini sepenuhnya belum dapat dikendalikan, mengakibatkan berbagai sektor kehidupan mengalami kendala. Namun dalam kondisi apapun , negara harus tetap hadir guna menjamin pendidikan seluruh warga negaranya. KSM sebagai salah satu wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sebagaimana tahun sebelumnya di tahun ini akan tetap berlangsung walaupun dengan cara daring.

Untuk mempersiapkan kesiapan madrasah dalam ajang kompetisi ini, Senin kemarin Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) menyelenggarakan rapat koordinasi melalui aplikasi zoom meeting. Acara dibuka oleh Kepala Kantor serta diikuti oleh para pengawas, ketua KKMI, KKMTs, KKMA dan staf Seksi Penmad. Ada dua hal yang disampaikan dalam sambutannya. Pertama tentang KSM dan kedua tentang Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Terkait sukses prestasi dalam ajang KSM, secara khusus Ahmad Muhtadi meminta kepada para pengawas agar memotivasi kepada seluruh madrasah di bawah binaannya untuk mengikuti lomba ini. “Mohon bantuan kepada para pengawas untuk memantau. Usahakan untuk mendaftar lebih awal, karena di hari-hari terakhir biasanya server penuh,” pintanya. Ia mengajak kepada stakeholder terkait agar sungguh-sungguh meningkatkan prestasi Kabupaten Demak dalam ajang ini. “Kita tunjukkan bahwa madrasah kita lebih hebat dan lebih bermartabat,” ajaknya bersemangat.

Sebagai informasi, bahwa prestasi Kabupaten Demak pada ajang KSM di tahun 2020 lalu, menyabet juara 1 dan 2 tingkat nasional. Yaitu juara 1 pada mata pelajaran IPS terintegrasi jenjang MTs, dan juara 2 pada mata pelajaran Kimia terintegrasi jenjang Aliyah. Dan hingga berita ini dibuat, jumlah madrasah di Kabupaten Demak yang telah berpartisipasi mendaftar pada ajang lomba ini sebanyak 307 madrasah.

Sementara itu, terkait pelaksanaan tahun ajaran baru dan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang akan dimulai tanggal 12 Juli 2021, Kepala Kantor kembali menekankan agar para pengawas membantu pelaksanaannya. “Mohon bantuan para pengawas untuk memantau pelaksanaan kegiatan secara daring dengan file pantau yang kami kirimkan kemarin,” pintanya sebelum mengakhiri sambutan. (ms/qq)