Audit Internal ISO 9001:2015 MII Sambas

Purbalingga — Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga kembali melakukan Audit Internal ISO 9001:2015. Kegiatan yang bertempat di komplek madrasah tersebut dimulai Kamis (6/12/2018) tersebut dijadwalkan berakhir Senin (10/12/2018). Kepala MI Istiqomah Sambas, Ikhwandi Arifin menjelaskan, ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang lebih fokus pada pengeloaan manajemen mutu  sebuah lembaga.

“Sasaran audit adalah seluruh area sistem layanan pendidikan madrasah yang meliputi bidang akademik, kesiswaan, keagamaan, kesekretariatan, koordinator kelas, wali kelas, penanggung jawab perpustakaan, penanggung jawab laboratorium, security dan office boy,” jelas Ikhwandi.

Pelaksana audit adalah tim independen Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas (LPIS) yang memiliki kompetensi khusus sebagai auditor yang telah bersertifikat resmi dan terlatih dalam bidang sistem managemen mutu.

Manajemen Reseprentatif (MR) selaku penanggung jawab kegiatan, Nurlaila Okiwati menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan konsisten atau tidaknya pelaksanaan sistem managemen mutu pada seluruh area layanan pendidikan yang ada di MI Istiqomah Sambas.

“Jika ada ketidaksesuaian akan diklasifikasi pada tiga kategori status yaitu temuan mayor (berat), minor (ringan) atau rekomendasi -saran penyempurnaan sistem,”ungkapnya.

Ia menambahkan, tujuan akhir dari kegiatan audit ini adalah perbaikan berkesinambungan. Sehingga semakin hari sistem semakin baik dan  layanan pendidikan  bisa maksimal sesuai dengan  program yang telah ditetapkan. (ron_sar/gt)