Kepala Kemenag Ajak Mahasiswa PKN Membangun Karakter Umat Berbasis Masjid

Karanganyar – Kehadiran dua ratusan Mahasiswa Praktek Kerja Nyata dari Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta disambut gembira oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad. Dipilihnya Kabupaten Karanganyar sebagai tempat Praktek Kerja Nyata (PKN) Mahasiswa ini membawa amunisi baru bagi Pemerintah yang dalam hal ini Pemda dan Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas keagamaan masyarakatnya.

Saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Mahasiswa PKN dari IIM Surakarta di di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, (26/04), Kepala Kemenag mengajak seluruh mahasiswa untuk membangun karakter umat beragama berbasis masjid. Menurutnya, kedatangan mahasiswa PKN ini tentu dapat bersinergi dengan program Pemerintah dalam mewujudkan program Bupati, Karanganyar Bertaqwa.

“Saya rasa tugas PKN Mahasiswa IIM Surakarta di Kabupaten Karanganyar dapat bersinergi dengan program-program keagamaan yang dimiliki oleh Pemerintah, khususnya Kementerian Agama. Sehingga dengan bantuan teman-teman PKN ini dapat mewujudkan program Pemerintah, Karanganyar Bertaqwa”, kata Musta’in.

Lebih lanjut Kepala Kantor mengatakan bahwa untuk tahun ini Kemenag membangun dengan basis masjid, sehingga pemberdayaan masjid menjadi perhatian utama. Oleh karenanya Kakankemenag berharap kepada Rektor dan Dosen Pendamping/Pembimbing untuk memasukkannya dalam kurikulum PKN kali ini.

“Kita ingin masjid sebagai sentral dari ukhuwah, pusat pengembangan dari kerukunan yang ada di Kabupaten Karanganyar. Hal ini telah dibuktikan dengan penghargaan yang diterima oleh Bupati Karanganyar sebagai Pemkab yang memperhatikan kegiatan kerukunan di kabupatennya”, tambahnya.

Musta’in juga mengatakan bahwa di Kabupaten Karanganyar saat ini sedang menyelesaikan izin masjid yang jumlahnya hanya dua ribu enam ratusan masjid. Di akhir sambutannya Kakankemenag menjelaskan bahwa pembangunan agama di Kabupaten Karanganyar mengarahkan agar umatnya beragama dengan moderat, tengah-tengah, tidak berlebihan ke kanan maupun ke kiri.

Sementara itu, Rektor IIM Surakarta, M. Fahrur Rozie dalam sambutannya mengatakan bahwa 208 Mahasiswa PKN ini tersebar pada 10 lokasi di Kecamatan Mojogedang, dimana mereka akan menetap dibeberapa rumah warga selama tiga pekan sampai tanggal 16 Mei 2017.

“Rata-rata mahasiswa yang PKN ke Kabupaten Karanganyar ini berasal dari jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam sehingga stressingnya pada keagamaan dan pendidikan”, kata Fahrur Rozie.

Selama melaksanakan PKN di Kecamatan Mojogedang, para mahasiswa akan ditemani oleh 25 Dosen Pembimbing/Pendamping, dimana masing-masing lokasi terdiri dari 20 mahasiswa. Besar harapan dari Pemerintah agar program PKN ini dapat mewujudkan programnya dalam meningkatkan kualitas keagamaan masyarakat. (ida-hd/wul).