Media Syiar, Zakat Fitrah MTs N 1 Banjarnegara Publikasikan di Kanal Youtube

Banjarnegara – Pembayaran Zakat Fitrah MTsN 1 Banjarnegara yang dilaksanakan ruang Kelas IX A oleh ‘Amil Zakat dipimpin Abdul Majid selaku Guru di MTs N 1 Banjarnegara. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari (28-30/4 dan 05/5).

Pengumpulan Zakat Fitrah ini dilakukan secara kolektif sesuai dengan tingkatan dari kelas VII hingga IX. Aktivitas tersebut termasuk dalam rangkaian Kegiatan Ramadhan yang selalu rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Sebagaimana kewajiban untuk membayar zakat, seluruh warga madrasah diberikan alternatif pembayaran bisa dalam wujud beras ataupun dalam wujud uang yang nantinya oleh ‘amil zakat akan dibelanjakan dalam bentuk beras. Rencananya pembagian zakat fitrah akan dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu (07-08/5), yang akan dibagikan kepada Wali Murid kelas VII hingga IX dan warga masyarakat sekitar.

Walaupun Kegiatan ini Zakat Fitrah dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun semangat siswa untuk memenuhi kewajiban membayar zakat di MTs N 1 Banjarnegara tinggi.

Dalam pelaksanaan pembayaran Zakat,  pihak Madrasah tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membagi kedatangan siswa perkelas dengan jumlah 12 selama satu jam,  dan menghimbau seluruh siswa yg hadir untuk memakai masker.

“Setiba di madrasah langsung mencuci tangan dengan sabun, menerapkan social distancing. Selain siswa, bapak/ibu guru juga diwajibkan untuk pembayaran zakat melalui ‘amil zakat MTs N 1 Banjarnegara,” ujar Abdul Majid.

Selaku ‘amil zakat, Majid berharap nantinya saat proses pembagian zakat kepada Wali Murid dan masyarakat sekitar madrasah diberikan kelancaran dan kesuksesan, harapnya.

Kegiatan ini juga dimasukkan ke channel Youtube MTsN 1 Banjarnegara sebagai media syiar dan sosialisasi kegiatan-kegiatan unggulan madrasah. Para siswa dan pihak sekolah bisa menyaksikan hasil kegiatan tersebut dalam bentuk video dan menjadikan kebanggaan panitia terhadap amanah kegiatan. (Risky/mnh)