Kepala Kemenag Demak : Sebaik-baik Manusia adalah yang Paling Bermanfaat bagi Orang Lain

Demak – Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Demikian salah satu pesan yang disampaikan Kepala Kankemenag Kab. Demak, Ahmad Muhtadi, dalam acara Supervisi Pembelajaran di Madrasah.  Kegiatan di aula Kemenag itu juga disisipkan acara perpisahan, yaitu perpisahan salah seorang pengawas yang memasuki masa pensiunnya itu berlangsung di aula Kemenag, Selasa (31/08/2021).

Dia adalah Muyazzin, seorang pengawas senior di lingkungan Kemenag Demak. Pengawas yang telah lebih dari 38 tahun lamanya mendharma baktikan tenaga dan pikirannya bagi kemajuan pendidikan madrasah di Kabupaten Demak. Yang mana lebih dari separuhnya, tepatnya 21 tahun lebih 5 bulan, ia jalani sebagai seorang pengawas madrasah. Pantaslah kalau kemudian ia dipercaya oleh rekan sejawatnya menjadi ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) hingga akhir masa dinasnya.

Atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini, Ahmad Muhtadi selaku Kepala Kantor menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya. “Menurut penilaian kami beliau adalah orang yang masuk pada kategori Khoirunnas anfauhum linnas, orang yang bermanfaat bagi orang lain,” ujar Muhtadi dalam sambutan. Ini terbukti dari kiprahnya selama ini bahkan di masa purnanya yang sebentar lagi ia jalani, hingga saat ini tenaga dan sumbangsih pemikirannya masih dibutuhkan oleh masyarakat yaitu sebagai pengurus yayasan di salah satu lembaga pendidikan di kampung halamannya, Desa Turirejo Kecamatan Demak.  

Melihat hal itu, Muhtadi seakan mendapat pijakan untuk mendorong kepada seluruh pengawas  agar selalu meningkatkan kapasitas dirinya. “Sebagai seorang pengawas jangan berhenti untuk  meningkatkan kapasitas dirinya,” pintanya. “Setidaknya sebagai seorang pengawas ia harus bisa beperan di tengah-tengah masyarakat terutama dalam hal kegiatan-kegiatan keagamaan,” tambahnya.

Usai acara pembukaan, kegiatan yang diikuti oleh seluruh pengawas Raudhatul Athfal (RA) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Demak itupun berlanjut . Materi disampaikan  oleh  Abd. Khamid, seorang pengawas yang pada tahun 2014 lalu pernah meraih penghargaan sebagai Pengawas Teladan Tingkat Nasional dan penerima Anugerah Pendidikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017. (ms/qq)