Kepala Kemenag Karanganyar Pimpin Doa Bersama Ujian Nasional SMA/SMK/MA

Karanganyar – Dalam rangka pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan doa bersama pada minggu malam, (03/04). Acara yang dilaksanakan di Aula Disdikbud ini diawali dengan Sholat berjamaah dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh H. Musta’in Ahmad, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.

Hadir dalam acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Camat dan Kepala SMA/SMK/MA se Kabupaten Karanganyar.

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyatakan harapannya supaya anak-anak SMA/SMK/MA kita yang besok akan mengikuti Ujian Nasional bisa memperoleh hasil terbaik tingkat nasional maupun Provinsi.

“Tidak ada bekal yang lebih baik bagi anak-anak kita selain ilmu supaya masa depan mereka lebih baik. Kita, para orang tua hanya sebagai fasilitator, mediator dan jembatan bagi mereka menuju hari esok yang lebih baik. Bangsa dan negara kita nantinya adalah milik mereka. Kita doakan supaya anak-anak kita lebih pintar daripada kita”, kata Juliyatmono.

“Tak kalah pentingnya adalah supaya mereka lebih beretika, lebih berkarakter dan tetap mengingat jasa bapak/ibu guru, serta menghargainya. Maka dari itu penting bagi bapak/ibu guru untuk mengajar dan mendidik anak-anak dengan ikhlas”, tambah Juliyatmono.

Di akhir sambutannya, Bupati Karanganyar mengingatkan tentang integritas dalam menghadapi ujian nasional, harapannya semua yang terlibat dalam UNAS mengedepankan nilai-nilai kejujuran. Di tempat terpisah, Kepala Kemenag mengatakan bahwa sebaik-baik tindakan yang dilakukan setelah berusaha adalah bertawakal kepada Allah SWT. Menurutnya, dengan bertawakal kepada Allah maka hajatnya akan dicukupi.

“Ada semangat ikhtiar lahiriah dan batiniah dalam menghadapi ujian nasional. Ikhtiar lahiriah dengan belajar mapel unas, sedangkan ikhtiar batiniah dengan berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT.  Semoga dengan tawakal ini kita menjadi orang-orang yang dicintai dan dicukupi hajatnya oleh Allah SWT”, ucap Musta’in.

Ujian Nasional tahun ini untuk SMK diselenggarakan mulai Senin-Kamis, 3-6 April 2017, sedangkan UN untuk SMA/MA mulai Senin-Kamis, 10-13 April 2017.  Ada 35 (tiga puluh lima) SMK, 27 SMA dan 6 MA di Kabupaten Karanganyar yang menyelenggarakan Ujian Nasional pada tahun 2017. (ida/hd)