Bantuan Pendidikan Baznas

5 Siswa MIM Semampir Terima Bantuan Pendidikan dari Baznas

Banjarnegara – Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Selasa (29/6) diadakan acara Pentasharufan Bantuan Dana Zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banjarnegara bekerja sama dengan Unit Pengumpul  Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Acara di mulai pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Banjarnegara Sutejo Slamet Utomo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H.Agus Suryo Suripto, Ketua UPZ Yuni Nur Azizah dan sebagian Kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Banjarnegara.

Dalam Sambutannya, Ketua BAZNAS Kabupaten Banjarnegara menyampaikan bahwa Zakat adalah sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan.

“Zakat yang telah dikumpulkan dari para Mustahik di Banjarnegara didistribusikan keberbagai  sektor yang membutuhkan di Kabupaten Banjarnegara. Salah satunya adalah ke beberapa siswa Madrasah yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara,” ungkapnya

Beliau menambahkan bahwa tujuan pembagian zakat ini adalah sebagai bentuk keperdulian BAZNAS dan UPZ kepada sebagian siswa Madarasah yang kurang mampu di Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

“Zakat/bantuan diberikan kepada Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Pembagian Zakat dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama dimulai pukul 08.00 sampai selesai, tahap kedua pukul 13.00 sampai selesai dan dilaksakan selama dua hari yaitu hari Selasa tanggal 29 – 30 Juni 2021,” jelasnya

“Untuk zakat yang dibagikan ke Madrasah Ibtidaiyah total berjumlah 197 penerima, dengan nominal Rp.50.000/bulan dan diterimakan untuk tiga bulan yaitu bulan April, Mei, Juni sehingga tiap Siswa mendapatkan Rp.150.000,” imbuhnya.

MI Muhammadiyah Semampir merupakan salah satu Madrasah yang menerima zakat tersebut. “Ada lima siswa yang mendapatkan zakat atas nama Farid Fakhrudin, Kinayu Mauliada, Normalita Intan Puspita Sari, Kamelia Adelita, Zahra Janeta Wibowo. Kelima siswa tersebut memang layak untuk mendapatkan zakat tersebut,” ungkap Khusnul Hidayati, Kepala MIM Semampir

Pada Rabu (30/6) MI Muhammadiyah Semampir mentasharufkan bantuan Kepada para siswa dengan cara kunjungan kerumah karena pada saat ini Kelurahan Semampir dalam kondisi Zona merah dan tidak aman untuk mendatangkan wali dan siswa ke MI Muhammadiyah Semampir

Kepala MI Muhammadiyah Semampir berharap dana bantuan siswa kurang mampu dapat digunakan sebagaimana mestinya, apalagi sebentar lagi Tahun Ajaran Baru 2021/2022 segera dimulai, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang tua untuk anaknya.

“Wajah haru dan bahagia tersirat di wajah para wali siswa yang menerima bantuan ini, Mereka sangat bersyukur dan berterimakasih kepada BAZNAS dan UPZ Kantor kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Tidak lupa doa tulus mereka ucapkan khususnya untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjranegara, semoga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara baik Kepala dan stafnya panjang umur, banyak rezeqi dan selalu bisa membantu para siswa yang kurang mampu,” pungkasnya. (khy/ak/rf)