Kepala KUA Wanayasa Distribusikan Bantuan Al-Quran Dari BAZNAS

Banjarnegara – Kepala KUA beserta Penyuluh Agama Islam Non PNS Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wanayasa mendistribusikan bantuan Al-Qur’an dari Baznas Kabupaten Banjarnegara kepada 51 masjid di Kecamatan Wanayasa,Senin (03/05).

Pada hari kamis sebelumnya (29/04), Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) serta Penyuluh Agama Islam Non PNS (PAINO) se-Kabupaten Banjarnegara (masing-masing 5 tiap kecamatan) menghadiri undangan dari BAZNAS kabupaten Banjarnegara di Pendopo Dipayuda Adigraha Banjarnegara.

Pada kesempatan ini ketua BAZNAS kabupaten Banjarnegera, H. Sutedjo Slamet Utomo menyampaikan bahwa sesuai dengan misi Baznas yaitu Meningkatkan Kesejahterakan Umat. Semua penyuluh agama Islam Non PNS diamanati untuk mendistribusikan bantuan Al Qur’an tersebut kepada masjid-masjid yang ada di kecamtan masing-masing. “ Bantuan berupa Al-Qur’an, yang mana satu paket berisi 5 buah Al-Qur’an dan 1 sarung untuk imam masjid. Tiap desa mendapatkan 3 paket untuk 3 masjid,” katanya.

Kepala KUA Kecamatan Wanayasa, H. Wahid Syaifudin menghimbau kepada Penyuluh Agama Islam Non PNS Agar pendistribusian Al-Qur’an segera dilaksanakan secepat mungkin. “ Setelah kita koordinasi dengan desa, segera distribusikan Al-Qur’an, harapan saya semua bantuan tersalurkan kepada penerima,” imbuhnya. 

H. Wahid Syaifudin ikut serta mendistribusikan bantuan Al Quran kepada Imam Masjid Dusun Sayangan Desa Penanggungan, kecamatan Wanayasa. Sedangkan Penyuluh Agama Islam Non PNS mendistribusikan bantuan tersebut kepada masing-masing Desa binaan. Dalam satu Kecamatan Wanayasa terdapat 17 Desa, dengan 8 penyuluh non PNS, setiap non PNS rata-rata memiliki 2 Desa binaan.

Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS, Nurkhotimah mendistribusikan bantuan kepada dua desa binaannya yaitu Desa Bantar dan Desa Suwidak. Selain mendistribusikan bantuan Al-Quran, Beliau juga menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pengelolaan zakat kepada Imam Masjid.

“Untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat di desa, zakat juga untuk meningkatkan kesejahteraan umat, serta pentasarufan zakat harus sesuai dengan syarat dan rukunnya,” ujarnya.

Sementara Muharji Imam Masjid Al Hidayah, salah satu penerima bantuan paket Al-Qur’an, menyampaikan rasa terimakasihnya.

“Saya terima bantuan ini, kami sangat terimakasih kepada BAZNAS kabupaten Banjarnegara dan kepada penyuluh Agama. Semoga bermanfaat dan berkah untuk kita,” terangnya.(nk/dr/rf)