Kepala MTsN 1 Pati : Belajar Beramal Secara Istiqomah

Pati – “Al Istiqomatu Khoiru Min Alfi Karomah” Istiqomah itu lebih baik dari pada seribu karomah. Masya Allah…’ demikian besarnya nilai perbuatan istiqomah di hadapan Allah, maka pasti tidak mudah melaksanakan hal tersebut, tetapi bukan berarti tidak bisa di laksanakan. Sudah banyak hamba-hamba Allah yang di beri kenikmatan untuk menjalankan perbuatan istiqomah mereka tentu bukan sembarang orang, yaitu para nabi, para rasul, para wali, dan orang-orang yang sholeh tentunya, Ujar Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak saat ditemui di ruangannya, Kamis (6/12/2018).

Demikian hebatnya nilai perbuatan istiqomah, maka kami bersama-sama keluarga besar MTsN 1 Pati tercinta, berusaha dan berlatih untuk melaksanakan perbuatan istiqomah, tandasnya.

Kegiatan yang sudah berjalan sejak januari 2018 dilakukan setiap pagi harinya, disaat masuk gerbang MTsN, anak-anak disambut dan dilatih dengan kegiatan S3 (Salam, Salim, Senyum) dipandu oleh seluruh Bpk/ Ibu guru dan pegawai yang ada. Kemudian dilanjutkan kegiatan di dalam kelas, yaitu sholat sunah dhuha, tadarus al Qur’an, membaca sholawat nabi dan menyanyikan lagu indonesia raya (agar kita cinta tanah air). Satu kegiatan yang tidak kalah penting adalah kegiatan shodaqoh jariyah rutin. Kegiatan tersebut barokahnya sangat luar biasa karena sampai dengan hari ini telah terkumpul dana sebesar Rp. 391.626.300,- dan telah dipergunakan untuk membangun (renovasi) mushola MTsN 1 Pati dengan begitu megah, terang Syafak.

Bukan hanya siswa saja yang kita latih untuk istiqomah. Bpk/ Ibu guru dan pegawai MTsN 1 Pati juga ikut andil bagian dalam latihan/Belajar beramal secara istiqomah. Setiap pagi hari, sebelum mendampingi anak-anak melaksanakan amalan istiqomah PPK (Pengamalan Pendidikan Karakter) yaitu menyanyikan lagu Indonesia raya bersama, mengucapkan 5 nilai budaya kerja, mengucapkan yel-yel MTsN 1 Pati berkarakter dan diakhiri dengan berjabat tangan serta shodaqoh seikhlasnya, paparnya.

Mudah-mudahan apa yang kita lakukan selalu mendapat rahmat Allah, Syafaat Rasulullah dan karomah waliyullah, karena sesuai hadis nabi, “hal yang termasuk paling penting dalam islam adalah beriman kepada Allah kemudian istiqomah.” Demikian pula menurut Rasulullah Saw. Amal yang disukai Allah adalah amal yang sedikit tetapi dilakukan secara istiqomah (terus-menerus), harapnya.

Semoga keluarga besar MTsN 1 Pati dan kita semua termasuk golongan hamba Allah yang istiqomah dan di masukkan ke dalam surganya kelak, Amin, pungkas Syafak. (Am/bd)