Kepedulian BAZDA Klaten pada Fisabilillah

Klaten – Allah SWT berfirman “Sesungguhnya zakat-zakat ini, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, untuk orang-orang yang berhutang, untuk di jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah : 60).

Berdasarkan ayat diatas, fisabilillah termasuk dalam 8 asnaf yang berhak menerima zakat. Bazda Klaten mengadakan pentasharufan dana fisabilillah yang dilaksanakan di aula Al Ikhlas komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten (17/06).

Ketua II Bazda Klaten H. Rantiman, SH berharap “semoga dana yang diterima meskipun sedikit, dapat bermanfaat dan tepat guna, jangan menilai dari jumlah nominalnya, semoga membawa berkah dan barokah”.

Penyelenggara Syariah Kankemenag Kab. Klaten sebagai ujung tombak dan telah bekerjasama maksimal dengan Bazda Klaten berperan penting dalam pengelolaan dana ZIS (Zakat Infak dan Shodakoh), semoga dari tahun ke tahun dana yang terkumpul semakin banyak dan semakin bertambah, harap Rantiman. “Siapa saja yang mampu dalam segi materi untuk tidak lupa mengeluarkan 2.5 % titipan Allah dengan berupa zakat, untuk itu kemaslahatan dan kesejahteraan umat, Bazda Klaten siap untuk menampung dan mentasharufkan sesuai dengan aturan yang berlaku”, tegas Rantiman melanjutkan.

Menurutnya, pengelolaan zakat dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel, sehingga masyarakat dapat mengaksesnya. Bazda Klaten pada kesempatan ini mentasharufkan total sebanyak Rp. 118,500,000.- dibagikan untuk 75 RA/BA, TPA/TPQ, Majelis Taqlim, PAUD, MI, Madrasah Diniyah masing-masing mendapatkan sebesar @Rp.500.000. Untuk 22 Masjid dan mushalla yang melakukan rehab mendapatkan @Rp. 1.500.000, sedangkan 24 Masjid dan mushalla yang melaksanakan pembangunan mendapatkan @Rp. 2.000.000 , kesemuanya itu berlokasi di Klaten. (AGusJoned)