Khitan Ceria ala Lazismu Pati

Pati – Sebanyak 50 anak yang tersebar di wilayah Pati mengikuti Khitan Massal, Selasa (18/12). Kegiatan yang diberi tema Khitan Ceria dan dilaksanakan kerjasama antara Lazismu, Organisasi Otonom Muhammadiyah (Ortom), dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Pati dalam hal ini RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati merupakan bagian dari salah satu program keummatan yang digelar oleh Muhammadiyah Pati bersama Ortom, Lembaga, AUM, dan Majelisnya.

Ibu Ari, 40, orangtua peserta khitan massal yang berasal dari Desa Ngablak Kecamatan Cluwak mengaku bersyukur. Pasalnya, ketika si anak merengek meminta disunat, ia pun langsung mendaftarkan diri. “seminggu lalu dapat kabar ada sunatan massal, makanya langsung daftar, Alhamdulillah bisa dan si anak juga senang banget,” katanya.

Terkait hal tersebut, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati H. Moh. Asnawi dalam sambutan pembukaan mengatakan, acara khitan massal merupakan gerakan kepedulian dari Muhammadiyah untuk Ummat, bukan hanya untuk warga Muhammadiyah.

Selain ada kegiatan khitanan massal, dalam acara tersebut ada beberapa agenda, yakni Pentasharufan bagi Yatim dan Dhuafa, Pentasharufan BIDIK Pintar (Beasiswa Pendidikan Pintar), dan BERKAH (Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Sejahtera).

Kegiatan kepedulian yang diadakan Lazismu Pati bersama Ortom Muhammadiyah, AUM Pati memiliki tujuan utama membantu kaum dhuafa, dan masyarakat luas. Terlebih, kegiatan khitan tersebut juga dinilai mengandung nilai keagamaan dan kesehatan. Kalau dalam hubungan dengan Agama Islam, sunat itu wajib bagi laki-laki. Selain itu juga memiliki nilai pendidikan kesehatannya juga. (pn/Am/bd)