KKM MTs Rembang Adakan Koordinasi Input Soal UAMBN-BK dan USBN-BK

Rembang – Menuju persiapan pelaksanaan UAMBN-BK dan USBNBK pertama kali berbasis Komputer, Kelompok Kerja MTs Rembang menggelar kegiatan input soal bersama. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer MTs Negeri 2 Rembang, Rabu (13/03). Soal yang disusun adalah untuk USBN.

Peserta yang hadir adalah proktor dari MTs N 1 Rembang, MTs N 2 Rembang, MTs N 3 Rembang, MTs N 4 Rembang, MTs N 5 Rembang beserta MTs M3R Rembang dan MTs Miftahul Huda Maguan, Kaliori.

Ketua KKMTs Kabupaten Rembang, Srianto mengatakan, kegiatan ini merupakan tahapan dari proses pelaksanaan ujian, yang dimulai dari pembuatan soal dan kisi-kisi dilanjutkan dengan input soal.

“Perkembangan Teknologi yang semakin canggih membuat kita juga diharuskan paham IT, Semoga semua tahapan menjelang ujian madrasah berbasis komputer untuk pertama kali sampai UNBK dapat berjalan dengan lancar, ” ucap Sriyanto.

Kegiatan ini diisi pemateri tim Helpdesk Kabupaten Rembang, Ahmad Sholeh  dari MTs N 5 Rembang dan Abdul Muis dari MTs Miftahul Huda Maguan, Kaliori. Peserta tampak memperhatikan dengan seksama langkah-langkah atau petunjuk teknis kegiatan input.

“Langkah pertama buka template soal dan kisi-kisi kemudian sebelum di upload dalam sistem CBT. Pastikan tata letak naskah soal dan gambar sudah diedit secara rapi, kemudian simpan dengan type web page, filtered. Langkah selanjutnya, simpan dalam bentuk zip kemudian di upload dalam sistem dan diteliti satu persatu,” terang Sholeh.

Dwi salah satu peserta, mengaku senang saat mengikuti kegiatan ini, karena mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru di bidang IT. (dwi-iq/gt)