Ahyani : Untuk Layanan Terbaik Kepada Masyarakat, Tingkatkan Koordinasi dan Kerjasama Dengan Pemerintah Daerah

Sragen – Pemerintah benar-benar serius untuk melakukan peningkatan pelayanan kepada para jemaah calon haji tahun 2018, pelayanan yang terbaik adalah komitmen pemerintah dalam pelaksanaan haji. Demikian diutarakan Kabid PD Pontren Kanwil Kemenang Jateng, Drs. H. Ahyani saat memberikan materi manasik haji di gedung IPHI Sragen, Selasa (04/07).

“Dari tahun ke tahun, indeks pelayanan haji selalu meningkat. Hal ini sebagaimana data BPS yang mencatat survei kepuasan jamaah di setiap musim penyelenggaraan ibadah haji yang terus menunjukkan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Indeks kepuasan jamaah haji pada tahun 2014 sebesar 81.52, lalu meningkat menjadi 82,67 pada 2015, kemudian meningkat menjadi 83.83 pada tahun 2016 dan tahun 2017, kembali meningkat menjadi 84,85,” paparnya

Peningkatan layanan yang terus meningkat ini tentu menjadi prestasi dan tantangan tersendiri bagi Kementerian Agama. Peningkatan layanan pada ibadah haji diharapkan sejak pendaftaran sampai dengan selesainya pelaksanaan ibadah haji, yakni kembalinya jamaah ke tanah air.

Ahyani juga mengingatkan kepada Kemenag Kabupaten untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan pemerintah daerah, hal itu dilakukan karena tanggungjawab pelaksanaan haji tidak bisa dilakukan 1 pihak saja, harus ada koordinasi.

Hal lain yang disampaikan adalah tentang berkenaan dengan komponen biaya ibadah haji. Kabid PD Pontren yang hadir mewakili Kakanwil Kemenag Jateng ini mengatakan riil cost (biaya) perjalanan haji tahun 2018 ini sebesar Rp 62.942.447. Namun yang dibebankan kepada jamaah haji rata-rata Rp 35.235.602. Jadi ada subsidi sekitar Rp 27.706.845 yang diberikan kepada masing-masing jamaah haji.

''Subsidi diambilkan dari hasil optimalisasi setoran pendaftaran haji. Dari Rp 35.235.602 yang dibayarkan, sekitar Rp 5.355.000 dikembalikan lagi kepada jamaah haji untuk living cost (biaya hidup) selama berada di Arab Saudi, '' kata Ahyani.

Pada akhir penyampaiannya, Ahyani mengingatkan para jamaah untuk bisa menjaga kesehatannya terutama menjelang keberangkatannya ini, serta mendoakan agar semua jamaah haji mendapatkan haji mabrur. (ira/Wul)