KKMA dan KKMTs Kabupaten Batang Siapkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bagi Para Siswanya

Batang – Penilaian Akhir Tahun (PAT) tingkat Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan digelar akhir Mei 2021. Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh madrasah untuk menggelar PAT ini. Salah satu persiapan itu Para Pengawas Madrasah, KKMA dan KKMTs melakukan Silaturahmi sekaligus membicarakan tentang persiapan PAT itu di Rumah mbah Kung pada Selasa, ( 25/05) kemarin.

Kepala MAN Batang yang juga selaku  Ketua KKMA Kabupaten Batang, HM. Alwi dalam keteranganya mengatakan, bahwa PAT Madrasah Aliyah Negeri Batang akan  digelar pada 27 Mei- 8 Juni 2021. Pelaksanaan ini sesuai dengan Kalender pendidikan, pihaknya sudah mempersiapkan PAT ini antara lain perangkat penilaian, naskah, hingga motode penilaian. Semua siswa peserta PAT akan menggunakan aplikasi e-learning produk Kementerian Agama RI.

“Karena aplikasi e-learning sudah komplit, termasuk sudah ada format CBTnya. Kami akan menggunakan e-learning untuk PAT,” kata  Alwi .

Sementara itu, pelaksanaan penilaian akhir tahun (PAT) disamping dilaksanakan secara daring  ada juga di sebagian madrasah khususnya madrasah swasta  yang masih menggelar secara tatap muka dengan tetap menggunakan ketentuan 5 M.  Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Agus Nugroho, mengatakan, sebenarnya PAT sistem daring ini sesuai dengan hasil rapat dengan wali siswa dan konsultasi dengan satgas Covid 19  tingkat Kabupaten.

“Karena masih pandemi,  akan tetapi di sebagian madrasah masih mengalami kendala jika dilakukan secara murni daring, maka pelaksanaan penilaian akhir tahun (PAT) disamping dilaksanakan secara daring  ada juga di sebagian madrasah khususnya madrasah swasta  yang masih menggelar secara tatap muka,” kata Agus Nugroho

Dia menambahkan bahwa pelaksanaan PAT di tingkat MTs dan MA  tahun ini diselenggarakan oleh madrasah masing-masing. Termasuk kisi-kisi soal dan penyusunan soal.  hal ini bertujuan untuk membentuk kemandirian madrasah sesuai yang diperintahkan oleh Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama beberapa waktu lalu.

“Kemandirian inilah yang merupakan esensi dari yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga sejauh mana kualitas madrasah itu akan dinilai dari bagaimana madrasah tersebut menggelar PAT,” pungkasnya. ( Agus Nugroho / Zy )