Klaim dana pensiun sekarang lebih mudah

Cilacap – Melalui layanan Klaim Otomatis, begitu aparatur sipil negara pensiun, dana pensiun langsung masuk rekening. Dana langsung bisa dicairkan tanpa harus repot-repot datang ke Kantor PT Taspen. Pengurusan pencairan dana dilakukan dua tahun menjelang usia pensiun. Berkas persyaratan diserahkan ke satuan kerja masing-masing untuk diteruskan ke PT Taspen. Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Umum dan SDM Kantor Cabang PT Taspen Persero Purwokerto, Zabirin, Selasa (18/11) di Aula Kankemenag Kabupaten Cilacap.

Kepada para peserta, Kepala Kankemenag Kabupaten Cilacap, Mughni Labib mengimbau bagi aparatur yang sudah mendekati pensiun agar cancut taliwondo. Artinya segera dan bergegas menyiapkan seluruh persyaratan yang diminta dan diserahkan ke satuan kerja. “Dengan berdisiplin diri diharapkan kita semua bisa menikmati layanan secara maksimal. Jika lamban, maka kita sendiri yang akan rugi atas keterlambatan layanan Taspen,” pungkas Mughni kepada peserta Sosialisasi Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan jaminan Kematian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semuanya adalah ASN jajaran Kankemenag Kabupaten Cilacap.

Dibayarkan tiap bulan

Ditegaskan bahwa tunjangan hari tua bagi pegawai negeri sipil tetap dibayarkan tiap bulan. Jika ada kabar yang mengatakan Taspen dibayarkan langsung di depan, itu berlaku untuk selain PNS. Karenanya bila ada yang menghubungi melalui telepon agar diabaikan, dan dipastikan itu adalah penipuan. Untuk itu, jika mendapat telepon terkait dana dari taspen agar segera menghubungi Kantor Taspen sehingga bisa terhindar dari tindak penipuan.

Para peserta sangat menyambut baik layanan klaim otomatis, karena sesuai tujuannya akan sangat memudahkan peserta. Layanan yang tepat waktu, cepat dan tepat jumlah sangat didambakan tiap peserta. Sebagai langkah nyata, peserta langsung mengikuti penjelasan yang dipandu petugas dalam penghitungan jumlah dana pensiun sesuai masa kerja. (budiono)