Jelang UN/UAMBN-BK, Kasi Penma Maraton Lakukan Koordinasi Ke Semua Madrasah

Tegal – Persiapan yang matang sangat diperlukan dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tahun ajaran 2017/2018, seperti yang disampaikan KakanKemenag Kota Tegal melalui Kasi Penma, Tohari saat mengujungi pelaksanaan Simulasi UAMBN BK pada Madrasah se-Kota Tegal, Selasa (06/03) di Ruang Laboratorium Komputer MTS N Margadana Tegal.

Disela-sela kunjunganya, Tohari mengatakan, koordinasi secara maraton ini dilakukan untuk menginventarisir masalah yang ada pada setiap madrasah yang tentunya memiliki kendala yang berbeda dan segera dicarikan solusinya.

Masalah tersebut diantaranya tempat pelaksanaan ujian apakah sudah memadai atau belum, berapa jumlah peserta yang siap mengikuti ujian, juga Server maupun perangkat komputer yang perlu diperbaiki sebelum pelaksanaan ujian dimulai, “jelas Tohari

Dikatakanya pula, bahwa adaptasi terhadap sistem UNBK sangat perlu dilakukan secara terus menerus, agar peserta tidak merasa bingung dalam mengoperasikan sistem. Seperti yang dilakukan pada  MAN  dan MTsN Kota Tegal yang sudah beberapa kali mengadakan simulasi terhadap peserta didik yang diharapkan mampu mengikuti ujian nasional berbasis komputer,”ujar Tohari

Beliau  menambahkan, ujian nasional merupakan salah satu bentuk dari kegiatan evaluasi pendidikan yang berupa evaluasi hasil belajar siswa selama menempuh pembelajaran disekolah, juga kemampuan siswa akan diukur serta dinilai melalui pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran tertentu.

Ujian nasional juga dijadikan sebagai alat evaluasi pendidikan untuk pemetaan masalah mutu pendidikan kedepan dalam rangka menyusun kebijakan pendidikan nasional secara global.

Tahun 2018 merupakan tahun ke-2 MAN dan MTsN Kota Tegal mengadakan Ujian Nasional Berbasis Kompute, dimana tahun ini merupakan evaluasi tahun sebelumnya.  Ia berharap layanan yang diberikan oleh pihak sekolah baik panitia, guru dan seluruh staff yang terlibat akan selalu meningkat mutu demi lancarnya ujian nasional ini., “harap Tohari. (IM/rf)