Kodim 0707 Jalin Kerjasama Dengan Kankemenag Dalam Peningkatan SDM Dan SDA

Wonosobo – Kepemimpinan Baru Kodim 0707  Wonosobo selaras dengan kepemimpinan baru di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo. Dari latar belakang yang sama tersebut, Kodim 0707 Wonosobo sambangi Kantor Kementerian Agama  Wonosobo  Selasa, (27/2) guna untuk membangun sinergitas lintas sektor.

Seorang pakar kepemimpinan, Leroy Eimes berkata, seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih dari yang orang lain lihat, yang melihat lebih jauh daripada yang orang lain lihat dan yang melihat sebelum orang lain melihat. Dalam konteks tersebut, sosok pemimpin baru yang ideal ialah yang mampu menjadi tauladan bagi sesama dan mampu menjalin hubungan baik sesama lembaga.

Celah itulah, yang ada di kacamata Kodim 0707 Wonosobo untuk bergegas menjadikannya sebagai ruang untuk menjalin hubungan baik lintas sektor dan bersinergi dalam mengoptimalkan kinerja. Lantas Kodim 0707 mencoba menjalin kerjasama dengan Kemenag dalam meningkatkan mutu SDA dan SDM yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Karena Wonosobo terkenal akan kekayaan Alam yang melimpah, dalam pemanfaatannya tentu harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadahi. Menurut Letkol Fauzan Fadli selaku Dandim Baru, potensi alam di Wonosobo menjadi daya tarik tersendiri, selain untuk menjaga keutuhan NKRI, kelestarian alam juga harus dijaga.

“Mahakarya Allah SWT berupa hamparan wisata dan panorama alam yang menyejukan ini menjadi nilai unggul Kabupaten Wonosobo. Dandim Wonosobo mencoba menjaga keutuhan NKRI serta keutuhan alam, dan membuat trobosan terkait dengan sumber daya alam tersebut dengan semangat dedikasi tinggi untuk negeri,” ungkap Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan mengungkapkan, trobosan terkait pemanfaatan sumber daya alam tersebut, harus didampingi dengan SDM yang memadai. Untuk itu, pihaknya ingin menjalin Kerjasama lintas sektor dengan KanKemenag Wonosobo, yang mana Kemenag dalam terobosannya lebih berfokus pada peningkatan SDM melalui pendidikan madrasah.

“Saya berharap, Kodim 0707  bisa bersinergi dengan kemenag, agar bisa mengoptimalkan terobosan dimasing-masing sektor. Sekaligus saling melengkapi, Kemenag dijalur Pendidikan dan peningkatan SDM, Kodim 0707 dijalur pemanfaatan SDA.”ucapnya.

.Sementara itu, Kepala Kemenag Wonosobo M Thobiq merespon dengan baik akan niat baik Kodim 0707.

“Semoga setelah kepemimpinan masing-masing lembaga diupgrade,  akan berimbas pada kinerja barunya dan mampu menjalin kerjasama yang baik antar sektor, sekaligus saling bersinergi dalam membuat terobosan dalam hal peningkatan kapasitas hidup baik dari SDM maupun SDA dilingkungan Kabupaten Wonosobo,” ujarnya.

Beliau juga berharap, agar kedepannya ada titik temu antara KanKemenag dan Kodim 0707 dalam hal peningkatan SDM dan SDA.(PS-WS/rf)