Kompetisi Robot, Potret Kesiapan MTs Negeri 2 Sukoharjo Hadapi Industry 4.0

Sukoharjo-Era digital sudah didepan mata, pemanfaatan perangkat digital sudah masif dimana-mana menyentuh hampir disemua lini kehidupan. Bertolak dari kenyataan tersebut, menutup mata dari perkembangan jaman, khususnya teknologi digital adalah ketertinggalan, dan mempelajarinya serta berkompetisi didalamnya adalah suatu keniscayaan. Sebagaimana yang terjadi di MTs Negeri 2 Sukoharjo  Jumat, 14 Desember 2018, MTs N 2 Sukoharjo bekerjasama dengan Robota Robotic Surakarta menyelenggarakan kompetisi robotic yang bertajuk “Avoider Competition MTs Negeri 2 Sukoharjo”. Kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 60 tim yang beranggotakan siswa siswi kelas 7 dan 8 program unggulan merupakan yang pertama diselenggarakan di MTs Negeri 2 Sukoharjo.

Kompetisi ini diawali dengan kegiatan perakitan dan pemrogaman pada hari sebelumnya di Aula MTs Negeri 2 Sukoharjo. Kegiatan perakitan dan pemrogaman didampingi oleh tim pengajar robotic, Fajar Wibowo dan Iskandar. 

 Kompetisi robotic internal MTs N 2 Sukoharjo ini dilatarbelakangi oleh besarnya animo para siswa terhadap penerapan aplikasi robot. Melalui kompetisi ini, siswa dapat mengaplikasikan teori yang telah diterima dari pembelajaran robotic di dalam kelas.

Robotic memang telah menjadi mata pelajaran muatan lokal di MTs Negeri 2 Sukoharjo sejak tahun ini. Robotic semakin menarik antusiasme siswa setelah kemarin tim robotic MTs N 2 Sukoharjo berhasil memenangkan dua kejuaraan di 4th Robotic Madrasah di Depok, Jawa Barat pada gelaran kompetisi robot tahunan oleh Kementerian Agama RI.

Pada kompetisi robotic MTs Negeri 2 Sukoharjo ini siswa dituntut mampu berpikir kritis dan berinisiatif dalam menyusun strategi yang dituangkan ke dalam aplikasi agar robot yang dikendalikan dapat melalui track dengan cepat dan meraih poin yang maksimal.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 pagi ini berlangsung sangat meriah. Persaingan ketat dilakukan oleh para peserta dalam meraih poin dan menyelesaikan track secepat yang dapat dilakukan oleh robot masing-masing. Hingga akhirnya tim 8 Boarding muncul sebagai juara 1. Piala dan medali bagi juara diberikan oleh pimpinan dari PT. Robota Robotik Surakarta, Ananta Dwi Rajasa.

Sugiarti, ketua kokurikuler program unggulan MTs Negeri 2 Sukoharjo memberikan apresiasi positif atas digelarnya kompetisi robotic tersebut, Robotik telah menjadi kokurikuler andalan MTs Negeri 2 Sukoharjo tahun ini menyusul English Conversation dan Tahfidz Quran. Menambahkan robotic sebagai kokurikuler dilatarbelakangi oleh perkembangan era digital atau industry 4.0 yang makin pesat sehingga menuntut kita untuk dapat mengikuti setiap perubahannya. Mengadakan kompetisi robotik menjadi ajang pengujian kemampuan memprogram, mendesain, hingga merakit robot yang membutuhkan kecermatan dan strategi oleh siswa.

“Kompetisi ini sangat menarik bagi siswa sehingga mereka begitu aktif dalam melakukan setiap rangkaian kegiatan mulai dari merakit, memrogram, mengujikan di track dan selanjutnya memperlombakan di track yang sebenarnya,” papar nya.

Lebih lanjut Sugiarti mengungkapkan meskipun persiapan cukup singkat, tetapi kompetisi berjalan lancar dan antusiasme siswa sangat tinggi, sehingga kompetisi ini dirasa cukup dapat menyegarkan pikiran yang penat setelah menghadapi penilaian akhir semester gasal selama 8 hari kemarin, Sugiarti berharap dengan adanya kompetisi robotic tersebut minat dan kemampuan siswa dalam mempelajari teknologi yang positif semakin meningkat dan bermanfaat bagi masa depan mereka. (fwp/djp)