Konsolidasi Umat Melalui Tasyakuran Haji

Kota Tegal – Sebagai aplikasi dari makna haji mabrur, Pemerintah Kota Tegal berkolaborasi dengan Kementerian Agama, KBIH dan para jama’ah haji tahun 2017 mengadakan tasyakuran sebagai rasa syukur atas selesainya ibadah haji di tanah suci, Senin, (02/10) di Pendopo Ki Gede Sebayu Pemkot Tegal.

Sebagaimana disampaikan Plt. Walikota Tegal, Nursholeh, acara ini diadakan sebagai momentum ajang silaturrahim sekaligus konsolidasi umat untuk membangun monumen kebaikan.

Ia juga menyampaikan bahwa kebaikan yang dilaksanakan seseorang merupakan aplikasi dari kemabruran ibadah haji, “kata Nursholeh, saat memberikan sambutan atas nama Plt Walikota.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan mengatakan, kita semua berharap menjadi haji yang memiliki predikat haji mabrur, tetapi ternyata yang paling sulit adalah mempertahankan kemabruranya dimasyarakat.

Karena kita tahu, lanjut Farkhan, bahwa Jama’ah haji merupakan aset bangsa dalam pembangunan moral umat setelah di gembleng di tanah suci untuk bisa merubah baik dirinya, keluarganya maupun lingkunganya dalam kebaikan.

Diantaranya, disiplin disetiap kegiatan, ketaatan dalam setiap pelaksanaan ibadah, toleransi antar hablu minannas dan juga kebaikan-kebaikan lain yang sekiranya menjadi contoh dan corong seketika kembali di masyarakat, “kata Farkhan.

Haji memiliki satu fitrah sebagai wujud kesuksesan ibadah haji dengan menggondol berbagai kebaikan, “tutup Farkhan. (IM/rf)