Kontingen AKSIOMA Kebumen Sabet Empat Medali

Kebumen – Perhelatan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 yang dilaksanakan 16 – 19 Juli, resmi di tutup pada rabu (19/07) pukul 10 siang. Upacara penutupan berlangsung di Gedung Muzdalifah Kompleks Asrama Haji Donohudan Boyolali. Penutupan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah se Karesidenan Surakarta, Kepolisian Resort Boyolali, Kodim Boyolali, serta diikuti oleh perwakilan peserta dan official dari masing masing kabupaten/ kota.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kabid Penmad Saifulloh menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut berlangsung dengan sukses dan berhasil menjaring siswa siswi madrasah yang berprestasi dalam bidang seni dan olah raga. Bahkan kemampuan siswa siswi tersebut dapat disandingkan dengan kemampuan atlit pada umumnya.

“Penyelenggaraan Aksioma 2017 berjalan dengan sukses, para peserta yang bertanding dalam bidang seni dan olah raga berkompetisi dengan sunguh sungguh dan penuh semangat, bahkan saya lihat tidak ada bedanya dengan atlit yang biasa bertanding dalam kejuaraan profesional,” papar Saifulloh yang sekaligus menjadi ketua panitia AKSIOMA 2017.

Dia juga mengucapkan selamat kepada pemenang dari masing masing cabang perlombaan sekaligus berpesan agar tidak berpuas diri atas kemenangan yang diperoleh serta senantiasa mengasah kemampuan yang dimiliki. Bagi yang belum juara di  memotivasi agar senantiasa meningkatkan kemampuannya agar pada gelaran AKSIOMA mendatang dapat mengukir namanya maupun nama kontingen yang diwakili.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman juara dari masing masing cabang lomba. Dari 11 cabang lomba yang dipertandingkan, juara 1,2, dan 3 dari masing masing cabang perlombaan mendapatkan medali, tropi, piagam serta uang pembinaan. Khusus untuk juara 1 akan dikirim mewakili kontingen jawa tengah dalam AKSIOMA tingkat nasional 2017 pada Agustus mendatang di Jogjakarta.

Sementara itu Kebumen mengirimkan 51 peserta dan 24 pendamping/official. Cabang yang diikuti meliputi MTQ Pa & Pi dan Pidato Bahasa Indonesia Pa & Pi untuk tingkat MI, MTQ Pa & Pi, Pidato Bahasa Arab Pa & Pi, Kaligrafi Pa & Pi, Tahfidz Pa & Pi, Hadroh Pa & Pi, Bulutangkis Pa & Pi dan Tenis Meja Pa & Pi untuk Tingkat MTs serta  MTQ Pa & Pi, Pidato Bahasa Inggris Pa & Pi, Kaligrafi Pa & Pi, Singer Pa & Pi, Bulutangkis Pa & Pi, Tenis Meja Pa & Pi dan Futsal Pa untuk Tingkat MA.

Dari semua cabang lomba yang diikuti, Kontingen Aksioma Kabupaten Kebumen berhasil membawa pulang 2 medali perak (Juara 2) atas nama Hasna Nuriyah Zalfa dari  MTsN Kebumen 1 untuk cabang lomba MTQ MTs Putri dan atas nama Salma Aulia Mufti dari MTsN Kebumen 1 untuk cabang lomba Tenis Meja MTs Putri, serta 2 medali perunggu (Juara 3) atas nama Chunaira Moktika dari MIN Tanuraksan untuk cabang lomba Pidato Bahasa Indonesia Putri dan Amanah dari MAN 2 Kebumen untuk cabang lomba Tenis Meja Putri.(jk/pt/Af)