Manasik Haji, Melatih Kesabaran Anak Usia Dini

Surakarta – Sebanyak 35 Raudatul Athfal dan 5 Taman Kanak-kanak yang tergabung dalam IGRA Kota Surakarta mengikuti praktek manasik haji yang diselenggarakan oleh pengurus IGRA Kota Surakarta di Asrama Haji, Donohudan, Boyolali, Sabtu (2/3), Kegiatan ini menurut Kepala RA Palma, Chabibatul Basyariyah, bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang rukun islam yang kelima yaitu haji.

Pada kesempatan itu, RA PALMA diamanahi untuk membaca tilawah pada acara manasik haji kali ini, “Alhamdulillah tilawah oleh Ananda Fauzan Al Baihaqi dan sari tilawah Ananda Khumaira Huuril'iin Firdaussy berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Kepala Kantor kementerian Agama kota surakarta, Musta’in Ahmad dalam sambutannya menyampaikan harapannya semoga nanti anak-anak yang mengikuti manasik haji bisa melaksanakan ibadah haji semuanya, melatih kesabaran anak, dan yang terpenting penanaman adab kepada anak yang bisa membawa anak ke masa depan yang lebih baik.

Ketua panitia, Sri Harpeni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan praktek manasik haji  ini diikuti oleh 35 RA dan 5 TK.

“Acara manasik haji ini rutin diadakan setiap dua tahun sekali, dan ucapan terima kasih kepada semua pihak, sekolah, guru, dan orangtua yang telah bekerjasama dan mendukung kegiatan manasik haji ini,” ujarnya.

Kepala RA PALMA Surakarta, menambahkan untuk kelancaran praktek manasik haji ini, tiga pekan sebelum acara praktek manasik haji dimulai, siswa RA PALMA telah diberi pengetahuan tentang kisah-kisah setiap proses haji dan menghafalkan bacaannya.

Misalnya, bacaan talbiyah, melempar jumroh, ketika thawaf, ketika sa’i, dan doa minum air zamzam.

“Semoga dengan praktek manasik haji hari ini, siswa RA PALMA Surakarta  semakin mengenal rukun islam yang kelima yakni haji, kisah-kisah tentang haji, dan menguatkan motoriknya sejak dini, sehingga siswa mampu memahami dan mengerti mengenai ibadah haji nantinya,” imbuhnya.

Wakil Kepala RA PALMA Surakarta, Musyarofah Dyah Arini Nurul Atika menambahkan,“Dengan adanya praktek manasik haji ini, siswa RA PALMA diharapkan mampu menangkap apa yang dipraktekkan untuk kedepannya,” ungkapnya.

Bertindak melepas pemberangkatan kloter manasik haji per-RA, doa, dan penutup dilakukan oleh Pengawas RA dan MI, Jumadi. (Iba-rma/bd)