Koperasi Adalah Pilar Perekonomian Indonesia, Semua Anggota Harus Berperan Aktif

Note : Pak Irawan, maaf untuk berita RAT dari koordiantor pernah ada kesepakatan tidak diupload apabila tidak ada prestasi, hanya seremonial RAT saja dan lagipula RAT koperasi ini kan diluar kedinasan. mungkin bisa masuk web kemenag sragen nggih

=============================================================================================================================

Sragen – Koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia, demikian sering disampaikan berkenaan dengan system perekonomian yang cocok di Indonesia sesuai dengan pasal 33 UUD 1945. Makna dari istilah koperasi sebagai sokoguru perekonomian dapat diartikan bahwa koperasi sebagai pilar atau ”penyangga utama” atau ”tulang punggung” perekonomian. Dengan demikian koperasi diperankan dan difungsikan sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, H. Hanif Hanani menyampaikan hal itu saat memberikan pengarahan pada Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku Tahun 2018 Koperasi Amal Bakti di Aula 2 setempat, Kamis (28/02). Koperasi Amal Bakti adalah Koperasi dengan anggota 450 orang lebih PNS di lingkungan Kankemenag Sragen.

“Koperasi Sebagai Sokoguru Perekonomian Indonesia berarti bahwa koperasi sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional. Dengan tujuan utama koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggotanya koperasi dapat menjadi penyangga dalam perekonomian anggotanya” ujar Hanif Hanani.

Hanif Hanani juga mengharapkan agar peran serta anggota koperasi perlu ditingkatkan. Karena dalam koperasi, peran serta anggotalah yang akan membuat maju koperasi.

“Saya melihat peran serta anggota koperasi di Sragen ini masih perlu ditingkatkan,beberapa waktu lalu ada dana mandeg yang lumayan besar, artinya ini mubazir atau tidak dimanfaatkan. Mestinya dana tersebut bisa dipinjam oleh anggota koperasi agar memberikan manfaat kepada kedua pihak, baik peminjam maupun seluruh anggota koperasi” jelas Hanif.

RAT yang diikuti seluruh anggota koperasi itu juga dihadiri pengurus PKPRI dan Dinas Koperasi dan UMKM Sragen serta koperasi tetangga. RAT juga melakukan pemilihan pengurus koperasi. Terpilih sebagai ketua koperasi adalah ketua koperasi yang lama yakni H. Sutopo yang juga merupakan Kasi Penmad. Usai pemilihan, acara diakhiri dengan pembagian doorprize dengan hadiah utam 1 TV LED yang dimenangkan Sigit Sugiyanto, anggota koperasi dari seksi PD Pontren. (ira).