Koperasi Kemenag Harus Sejahterakan Anggotanya dan Tingkatkan Inovasi

Klaten-Pengurus KPRI KOPPENDA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Tahun Buku 2017 yang digelar di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten (08/03), yang merupakan kewajiban pengurus untuk melaporkan pelaksanaan program kerja, sekaligus mempertanggung jawabkan kepada anggotanya.

Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Sudarsana yang sekaligus sebagai konsultan mengapresiasi perkembangan KOPPENDA. Menurutnya termasuk koperasi pegawai yang sehat dan baik, dan itu terlihat dari laporan pembukuan tahunannya.

Disebut sehat, lanjut Sudarsana, karena  pengelolaan organisasi KOPPENDA sangat baik, pelayanan kepada anggota memuaskan, dan aspek modal juga cukup besar 8,9 milyar. Koperasi harus memenuhi kebutuhan anggotanya sendiri melalui simpanan wajib anggota, dan modalnya bukan dari pihak ke tiga, jelasnya.

Alhamdulillah KOPPENDA punya terobosan yang sangat positif dan baik, yaitu bisa memberikan bantuan kepada lembaga pendidikan dan tempat ibadah (masjid) dengan total 10 juta diharapkan inovasi ini bisa dipertahankan dan juga ditingkatkan.

RAT itu sangat penting, karena RAT sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus, sarana evaluasi kinerja dan wahana untuk membuat rencana kedepan. Beliau juga memberikan apresiasi atas semua kemajuan yang diraih KPRI KOPPENDA belakangan ini, grafik yang belum pernah mengalami penurunan.

Masih banyak hal yang perlu dilakukan, jangan berpuas diri, tangkap peluang yang ada dan perlu kerjasama dalam menangkap peluang tersebut, terus berupaya meningkatkan bidang usahanya dan untuk itu dibutuhkan kebersamaan, koperasi harus bisa mensejahterakan anggotanya dan inovasi untuk perkembangannya, tandas Sudarsana.

Sementara itu Ketua KOPRI KOPPENDA Suwardi mengatakan, RAT merupakan forum musyawarah tertinggi suatu koperasi dalam rangka mengevaluasi, menilai dan menetapkan program kerja, sehingga dengan mencermati perjalanan setahun yang lalu untuk meningkatkan program kerja tahun 2018 yang lebih baik dan maju.

Pemilihan pengurus dan pengawas yang baru menjadi agenda penting dalam acara tersebut, dan telah menghasilkan pengurus KPRI Koppenda Kemenag Klaten untuk periode 2018-2020 dan sekaligus dilantik oleh Sudirman dari Disperindagkop Ketua : H Suwardi, Wakil Ketua : Sofyan Thohari, Sekretaris : Isna Rokhmawati, Wakil Sekretaris : Uswatun Khasanah, Bendahara : H.M Trihadi, Wakil Bendahara : Ninik Isnugrahani, Anggota : Isnadi, serta Pengawas : Rusdi Santoso, Wakidi dan Parimin.(aj)