Kreativitas Khozin Buat Jemaah Haji Fresh dan senang

Karanganyar – Melaksanakan tugas sebagai Satgas PPIH Embarkasi Solo menjadi sarana pengabdian kepada tamu Allah yang akan berangkat ke Tanah Suci. Tidak terkecuali bagi Khozin, Satgas PPIH Embarkasi Solo Tahun 2018 bidang penerimaan dan pemberangkatan ini memberikan segenap energinya agar Calon Jemaah Haji merasa senang dan terlayani dengan baik.

Wajah sumringah dan ramah ini selalu terpancar dari ASN Kemenag asal Kabupaten Wonosobo ketika bertugas sebagai pembawa acara di Gedung Jeddah dan Muzdalifah Embarkasi Solo. Hampir 95 kloter, khozin selalu menjadi pembawa acara saat penerimaan dan pemberangkatan CJH.

Yang menjadi sorotan dan perhatian di Embarkasi adalah ketika Khozin berinovasi mengajak CJH melakukan senam relaksasi dan bertepuk tangan sebelum pemberangkatan dari Gedung Muzdalifah. Inisiatifnya ini dilakukan karena melihat CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci tidak semangat, letih dan lesu.

“Saya berinovasi, berinisiatif untuk memberikan senam relaksasi kepada Jemaah. Karena Saya ditugaskan pimpinan agar membantu jamaah tamu Allah agar bagaimana jamaah terlayani dengan baik, agar jamaah ini bisa merasa fresh dan senang.” ujarnya saat ditemui Humas PPIH Embarkasi Solo di Gedung Muzdalifah, (14/08).

Lebih jauh, Bapak dua orang anak ini menceritakan bahwa secara riil melihat, utamanya pada kloter 1, CJH merasa lelah dimana tengah malam mereka harus melakukan pemeriksaan biometric, kemudian belum selesai namun acara sudah harus dimulai. Saat itu Ia melihat Jemaah luar biasa ngantuk, lelah.

“Kemudian pada kloter 2 ini saya mencoba bagaimana agar Jemaah ini terlayani dengan baik dan enjoy, selanjutnya pada kloter 3 saya coba untuk sedikit memberikan senam relaksasi, dan tanpa diduga respon Jemaah luar biasa, mereka merasa senang, sehat dan semangat.” ceritanya.

Mengingat masih ada toleransi waktu sekitar 30 menit antara CJH melakukan pemeriksaan biometric dan masuk Bus Bandara, Khozin selalu mengajak Jemaah untuk melakukan senam relaksasi.

“Akhirnya pada kloter 4 saya memimpin senam relaksasi kepada Jemaah dengan bagaimana saling memijat satu dengan lainnya, kemudian saya ajak senam kemudian kita ajak mereka tepuk tangan. Sehingga ngantuk, capek, lesu dan penat Jemaah hilang dan menjadi enjoy. Tidak hanya Jemaah, tapi semua satgas yang ada di sini jadi ikut senam relaksasi.” tambahnya.

Selain menjadi ASN Kemenag yang berdinas di Seksi PD Pontren, Khozin juga menjabat sebagai Ketua KONI dan Permadani Kabupaten wonosobo, sekaligus Ketua Federasi olahraga Karate serta sebagai atlit dan pelatih karate. Ia menegaskan bahwa apa yang dilakukannya semata-mata untuk pengabdiannya kepada seluruh Jemaah Tamu Allah. (hd/aff)