Paradigma Baru dalam Pemilihan KUA Teladan

Salatiga – Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga laksanakan lomba Penilaian Kantor Urusan Agama (KUA) Teladan tingkat Kota Salatiga di KUA Kecamatan Sidorejo Salatiga, Jum’at (27/04).  Adapun untuk penilaian hari pertama ini di KUA Kecamatan Sidorejo dan KUA Kecamatan Tingkir Salatiga, dilanjutkan di KUA Kecamatan Sidomukti dan berakhir di KUA Kecamatan Argomulyo Salatiga.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Fahrudin yang memimpin rombongan tim penilai menyatakan, penilaian Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tahun 2018 dilaksanakan dengan paradigma baru. “Dengan paradigma baru ini, KUA Teladan yang terpilih diharapkan memiliki kualitas dan pelayanan yang memuaskan  bagi masyarakat,” kata Fahrudin.

Perubahan yang dimaksud, lanjutnya, terkait dengan komponen penilaian KUA Teladan, yaitu standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi. “Komponen penilaian tahun ini berubah dari tahun-tahun sebelumnya, yang hanya menilai berdasarkan Standar Pelayanan dan Performa Kepala KUA,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam), Nurcholis mengatakan Penilaian KUA Teladan merupakan program tahunan di lingkunan Kemenag, yang bertujuan agar para Kepala KUA termotivasi untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini keterbukaan informasi publik terhadap pelayanan masyarakat terus berkembang. “Olehnya tentu dibutuhkan kreatifitas serta inovasidari Kepaal KUA yang merupakan ujung tombak dari Kemenag itu sendiri,” tegas Nurcholis.

Ditambahkan Nurcholis, adapun bobot penilaian pada komponen Standar Pelayanan sebesar 50 persen, IKM sebesar 30 persen dan inovasi sebesar 20 persen, (KK-MNc/gt).