KSM Gabungan Akan Digelar Secara Mandiri

Rembang – Kompetisi Sains Madrasah tingkat MI, MTs, dan MA tingkat Kabupaten Rembang tahun ini akan digelar secara mandiri. Rencananya, KSM ini akan digelar secara serentak se-Karisedenan Pati, pada Selasa depan (25/4) di MTsN Lasem.

Demikian diungkapkan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Jasim usai mengadakan rakor persiapan penyelenggaraan KSM dengan KKM MI, MTs, dan MA di aula Kankemenag Kabupaten Rembang, siang tadi.

Jasim mengatakan, KSM ini akan digelar dengan pembiayaan sendiri. Hal ini karena ketiadaaan anggaran di DIPA untuk penyelenggaraan KSM. Dengan sistem mandiri ini, setiap peserta yang ikut KSM memberikan kontribusi sebesar Rp 30 ribu untuk kebutuhan pengadaan soal dan akomodasi.

Nantinya, setiap sekolah berhak mengirimkan siswa sebanyak-banyaknya. “Karena pelaksanaanya mandiri, kami tidak membatasi jumlah siswa yang ikut KSM ini,” kata Jasim.

KSM ini nantinya akan diformat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Soal akan diadakan oleh perguruan tinggi dari lima kabupaten yang ada di Karesidenan Pati. Jasim mengatakan, soal pada setiap materi pelajaran yang dilombakan akan disisipi materi-materi agama yang dikaitkan dengan pelajaran pokok.

“Semisal, materi pelajaran Matematika berjumlah 40. Maka 10 soal di antaranya adalah soal agama Islam namun dikaitkan dengan pelajaran Matematika,” jelasnya.

Hingga siang tadi, data peserta KSM yang diterima Kemenag Rembang sejumlah 254 siswa. Menurut rencana, KSM ini akan menempati 16 ruangan di MTsN Lasem. Adapun materi pelajaran yang dilombakan adalah Matematika untuk tingkat MI, Matematika, Biologi, dan Fisika untuk tingkat MTs, dan Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi untuk tingkat MA. Seleksi KSM tingkat Kabupaten ini diadakan untuk mempersiapkan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah.  (ss/bd)