KSM, Komitmen Madrasah Majukan Pendidikan

Rembang (25/4) – Kompetisi Sains Madrasah merupakan tantangan bagi seluruh civitas madrasah untuk membuktikan komitmennya untuk memajukan dunia pendidikan. Semua stakeholder madrasah mempunyai tanggung jawab untuk mencetak peserta didik yang berprestasi unggul.

Demikian ditandaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah ketika memberi sambutan pembukaan KSM yang diselenggarakan pagi tadi di halaman MTsN Lasem.

Atho’illah mengatakan, KSM ini adalah program berkelanjutan yang ditujukan kepada peserta didik tingkat MI, MTs, dan MA. “Peserta KSM ini adalah peserta pilihan dari masing-masing madrasah. Dan dari yang pilihan ini akan terpilih lagi sebagai yang terbaik,” kata Atho’illah.

Menurut Atho’illah, KSM merupakan media pembelajaran bagi peserta. Sebab, mereka berkompetisi sedemikian rupa. Atho’illah berharap, kecintaan mereka kepada ilmu pengetahuan akan bisa mereka wujudkan dengan prestasi di KSM ini. “Semoga berhasil di tingkat provinsi, bahkan kalau perlu hingga nasional,” ungkapnya.

Dikatakan Atho’illah, mencetak prestasi yang unggul dari siswa merupakan tantangan bagi guru dan seluruh stakeholder madrasah. “Prestasi akademik ini menjadi tanggung jawab bersama bagi Kepala Madrasah, guru, staf, komite sekolah, orang tua, dan peserta didik itu sendiri. Sehingga jika madrasah berprestasi adalah prestasi semuanya,” sambung Atho’illah.

Ketua Panitia, Badrudin mengatakan, KSM ini diikuti oleh 274 peserta. Terdiri atas 80 siswa peserta MI, 103 peserta MTs, dan 91 peserta MA. Adapun mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika dan IPA untuk MI, Matematika, Bilogi, dan Fisika untuk MTs, dan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi untuk MA.

“Penyelenggaraan ini digelar secara swadaya dari peserta. Karena itu, pelaksanaan KSM ini diadakan secara obyektif. Dan juara I akan mewakili KSM di tingkat Jateng pada 24 Mei mendatang di MAN Magelang,” terang Badrudin.

Acara pembukaan ini ditandai dengan pemotongan pita balon oleh Kankemenag Kabupaten Rembang di hadapan peserta KSM. (ss/bd)