KSM Merupakan Momentum Unjuk Kemampuan Sains Madrasah

Banjarnegara – Sejumlah 579 siswa madrasah tingkat MI, MTs, dan MA  Sabtu ini (12/05) berkumpul di halaman MTsN 2 Banjarnegara dalam rangka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten. Peserta KSM merupakan siswa-siswi terpilih dari madrasah masing-masing dalam ajang seleksi untuk tingkat MI (Matematika, IPA Terintegrasi), MTs (Matematika, IPA, IPS) dana MA (Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi)

Dalam sambutannya Kakankemenag, H. Masdiro menyampaikan bahwasannya pendidikan yang menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam menyekolahkan putra-putrinya dengan nilai plus adalah di madrasah yakni pendidikan agama sebagai bekal dan benteng generasi muda.

“Madrasah juga harus tidak boleh ketinggalan berprestasi di bidang sains dengan sekolah,” ucapnya.

Melalui tema yang diambil yakni “KSM Menghantarkan Siswa Menoreh Prestasi Meneguhkan Jati Diri”, diharapkan madrasah bisa berbicara dari segi prestasi tersebut di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Lewat kompetisi dari Kementerian Agama seperti KSM inilah sebagai media unjuk kemampuan siswa-siswi madrasah dari segi sains mulai tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“Saat pelaksanaan lomba, diharapkan peserta bisa mengikuti dengan sebaiknya-baiknya, diupayakan dengan sportifitas tinggi, juga mengeluarkan kemampuan sebenarnya,” tegasnya.

Hasil seleksi juara akan mewakili Banjarnegara ke tingkat Provinsi mendatang di Pemalang. Kakankemenag berharap kepada panita dan para juri untuk memegang sportifitas dalam melaksanakan tugas pada kegiatan kali ini.

“Hasil seleksi diharapkan benar-benar memiliki kualitas dan mutu yang lebih baik dari kompetisi sebelumnya, momentum ajang KSM juga jangan di sia-siakan,” harap Kakankemenag.(Nangim/sua)