KUA Kec. Karangnongko Gelar Jumat Bersih

Klaten – Dalam rangka mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten beserta jajarannya mengadakan gotong royong jumat bersih yang diikuti oleh seluruh komponen di KUA, Jumat (11/5).

Kebersihan dan keindahan lingkungan sangat perlu dijaga, karena ajaran Islam menginginkan terciptanya lingkungan yang bersih, sehat dan indah, karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman dan cerminan karakter manusia dalam kehidupan.

Hal tersebut ditegaskan Muhtadi Kepala KUA Kecamatan Karangnongko saat melaksanakan jumat bersih ini secara rutin setiap bulannya, karena disamping menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, Jumat bersih ini diperlukan untuk kesehatan.

“Insya Allah tubuh akan menjadi sehat, dalam tubuh yang sehat Insya Allah rohaninya pun akan sehat, karena akal yang sehat akan terdapat pada jasmani yang sehat. Jasmani dan rohani yang sehat akan dapat berfikir dengan baik dan tenang,” jelasnya.

Kegiatan bersih-bersih di lingkungan KUA ini adalah Inisiatif KUA sebagai bentuk kerjasama internal yang bertujuan untuk membangun kebersamaan dan keakraban, sekaligus untuk menciptakan lingkungan KUA yang bersih dan indah.

“Staf KUA pun senantiasa membersihkan ruangan serta halaman kantor, tanpa harus menunggu instruksi langsung tentang apa-apa saja yang harus dibersihkan dan diindahkan, karena hakikatnya mereka menyadari bahwa kebersihan itu penting,” kata Muhtadi.

Jumat bersih disambut positif oleh warga sekitar kantor, karenanya para tetangga pun berperan aktif ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dengan menjaga kebersihan diharapkan lingkungan menjadi sehat dan bekerja menjadi terarah dan mengahasilkan output yang maksimal.

Kantor dan lingkungan bersih akan membawa dampak positif bagi semuanya, pelayanan pada masyarakat akan semakin nyaman dan suasana menyenangkan. KUA melayani dan bersinggungan langsung dengan masyarakat, KUA sebagai cerminan dan sangat berperan penting pada baik dan buruknya Kementerian Agama.

Terakhir Muhtadi mengutarakan adapun tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki dari seluruh ASN KUA akan pentingnya penataan lingkungan agar menjadi lebih indah dipandang.(aj/Wul)