KUA Margorejo Pati Adakan Pembinaan Kasi Kesra

Pati – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati adakan pembinaan petugas pembantu pencatat nikah (Kasi Kesra) bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati, Selasa (23/5). Pembinaan P3N yang selalu diawali dengan pelaksanaan khataman Al-Qur’an tersebut beberapa kali digelar oleh Kepala KUA Kec. Margorejo. Karena menurutnya, pembinaan P3N ini sangat penting untuk dilaksanakan guna memperkuat peran dan fungsi P3N dalam membantu pelayanan masyarakat.

Menurut Kepala KUA Kecamatan Margorejo Ridwan Romli, P3N di masyarakat sangat dibutuhkan, karena tidak hanya dalam urusan membantu petugas pencatat nikah saja, tetapi tugas P3N di masyarakat sangat banyak seperti membantu pengurusan kematian, menjadi imam/khotib jumatan atau hari besar Islam, membantu pelayanan zakat/wakaf, mengisi pengajian majelis talim, dan sebagainya, “imbuhnya.

Lebih jauh Ridwan (begitu nama panggilan sehari-hari Kepala KUA Margorejo) mengatakan, dengan pembinaan ini diharapkan mindset atau pemikiran P3N yang ada di KUA Kecamatan Margorejo dapat berubah, seperti pelayanan yang diberikan oleh P3N kepada masyarakat harus benar tulus jangan berharap upah dari pelayanan yang diberikannya, “tandasnya.

“Dalam berfikir kita jangan terlalu berorientasi kepada materi, tetapi harus berfikir bagaimana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat mendapatkan kepuasan dan berfikir bagaimana harus tertib administrasi, karena secara formalitas administrasi salah satu faktor menentukan ciri pemerintahan yang baik,” pungkasnya. (Athi’/bd)