Kuatkan Mental Positif, KUA Kecamatan Batang Lakukan Kunjungan Pendampingan Kepada Muallaf

*H.Abdulah Najib Kepala KUA Kec.Batang didampingi para Penyuluh Agama Islam Sedang bersilaturahmi pada Mualaf yang baru satu bulan melangsungkan pernikahan

Batang – Suasana tampak berbeda pada Selasa (03/08) di Perumahan Kalisalak Batang, di rumah pasangan yang baru saja sebulan menikah, Zaki dan Mikaela Dina Merliana. Pasalnya pada hari itu Kepala KUA Kecamatan Batang, H. Abdullah Najib mengadakan kunjungan sekaligus bersilaturahim pada pasangan pengantin dan keluarganya yang termasuk muallaf tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap anggota baru umat Islam. Sebelum menikah dengan Zaki, Mikaela Dina Merliana sudah mengikrarkan syahadat pada 14 Juni 2021 di Kuningan. Ikut mendampingi Kepala KUA pada kunjungan itu, Penyuluh Agama Islam dan H. Slamet Siswadi, Pensiunan ASN Kemenag yang menjadi tokoh agama Perumahan Kalisalak.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Batang, H. Abdullah Najib sengaja mengadakan kunjungan kepada muallaf dan keluarganya tersebut untuk bersilaturahim dan memberikan pencerahan serta pemahaman kepada muallaf bahwa KUA adalah Kementerian Agama di tingkat Kecamatan yang juga memberikan dukungan, bimbingan serta motivasi bagi muallaf dalam menguatkan akidahnya yang baru.

“Kepada Mikaela khususnya saya sampaikan bahwa setelah masuk Islam, Anda tidak akan terkucilkan, justru akan mendapatkan saudara baru sekeyakinan yang akan selalu menguatkan dan memotivasi, terutama keluarga barunya. Perhatian kepada saudara-saudari mualaf tidak hanya sekedar membimbingnya bersyahadat, namun lebih dari itu, ada tanggung jawab mulya, guna menguatkan keyakinan mereka ke dalam ajaran agama yang utuh. Oleh karena itu, kami mengadakan kunjungan ini untuk tujuan itu,” ungkap H. Abdullah Najib.

Dia menambahkan bahwa dengan adanya kunjungan dan pembinaan awal tentang keagamaan yang dilakukan seperti ini akan mampu membentuk mental positif bagi muallaf.

” Tujuannya kunjungan ini adalah agar  membentuk mental positif bagi muallaf sehingga meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan ajaran-ajaran agama dan meningkatkan pengetahuan agama bagi muallaf,” tambahnya.

*H.Addulah Najib sedang memberikan bingkisan dari UPZ Kemenag Kab. Batang pada Mikaela Dina Merliana. seorang mualaf yang baru satu bulan melangsungkan pernikahan

Sementara itu, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Batang, Slamet Hasanudin mengatakan bahwa untuk proses bimbingan kegamaan kepada muallaf selanjutnya bisa dipandu oleh tenaga penyuluh Agama Islam yang ada di wilayah Kecamatan Batang.

“ Untuk selanjutnya, menjadi tugas bagi para Penyuluh Agama Islam di Kecamatan Batang pada para mualaf agar lebih mendalami pemahan agama Islam, hal itu karena memang tugas pokok dan fungsi dari Penyuluh itu diantaranya membimbing, menyuluh dan menyampaikan tentang ajaran Islam terutama kepada muallaf, ” jelas Slamet Hasanudin.

Salah satu tokoh agama Perumahan Kalisalak H. Slamet Siswadi, sangat menyambut baik kerjasama dan koordinasi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Batang sehingga mau melakukan kunjungan tersebut. Semenjak Mikaela memeluk agama Islam menjelang pernikahannya dengan Zaki memang memunculkan konflik dengan orang tuanya dan mungkin menyisakan dampak psikologis bagi pribadinya. Oleh karena itu, dengan adanya perhatian dari KUA ini mudah-mudahan benar-benar bisa memberikan motivasi dalam berislam dengan kaffah.

” Kami mewakili keluarga muallaf, sangat menyambut baik kerjasama dan koordinasi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Batang sehingga mau melakukan kunjungan ini. Semenjak Mikaela memeluk agama Islam menjelang pernikahannya dengan Zaki memang memunculkan konflik dengan orang tuanya dan mungkin menyisakan dampak psikologis bagi pribadinya. Oleh karena itu, dengan adanya perhatian dari KUA ini mudah-mudahan benar-benar bisa memberikan motivasi dalam berislam dengan kaffah,” harap H. Slamet Siswadi.

Di akhir rangkaian acara kunjungan itu dilakukan penyerahan bingkisan dari UPZ Kantor Kemenag Batang kepada muallaf.(Hasanudin/Zy)