Bulan Februari Bulan Penuh Prestasi

Surakarta – Bulan Februari ini, bisa dikatakan bulan penuh prestasi bagi  MTsN Surakarta 1. Setelah minggu sebelumnya,  tim Pramatsa memborong 7 piala pada Sapta Lomba Galang Prestasi VII tingkat Karesidenan Surakarta pada Sabtu (16/2) lalu,  pekan ini, Sabtu (23/2) kemarin, Tim ini kembali  berhasil menjadi juara umum pada ajang Competition and Creation of Science and Technology in Aplication (Crescenta) yang digelar di MAN 1 Surakarta.

Tidak hanya terhenti sampai disini, Ahadnya (24/2) tiga piala berhasil diboyong lagi saat tandang pada ajang Komunega di MAN 3 Yogyakarta. Dan baru pada Senin (25/2) kemarin perburuan satu pialapun masih bisa diraih pada lomba di MAPK Fair di MAN 1 Surakarta.

Pada Competition and Creation of Science and Technology in Aplication (Crescenta) di MAN 1 Surakarta itu,MTsN Surakarta 1 mengikut sertakan 18 siswanya. Dari tujuh cabang yang diperlombakan, madrasah ini mengikuti  5 cabang lomba, diantaranya olimpiade IPA Terpadu, olimpiade Matematika, Kompetisi Teknologi Tepat Guna (TTG), Kompetisi Desain Grafis, dan Lomba Cerdas Cermat (LCC).

“Selama 4 tahun terakhir ini tim MTsN Surakarta 1 selalu menjadi juara umum dalam ajang Crescenta, Jelas Joko Susilo, Sie Pengembangan Prestasi. Untuk minggu ini, katanya, tim kembali memenangi pada lomba yang di gelar pada Sabtu, (23/2/19) sebagai juara umum.

“Tim yang diwakili oleh Alif Bagas Prakoso (8 FD1) dan Andaru Sekar Jagatru (8 FD1), tambahnya,  meraih juara satu untuk cabang lomba desain grafis dan TTG, dan perolehan medali yang sama juga diraih tim desain grafis diwakili oleh Thurfah Mahira Ahnaf (8PK3) dan Muhammad Rusdy Hakim (9PK3),” jelas Joko Susilo, Sie Pengembangan Prestasi.

Umi Nurjanah, Pembimbing TTG, menambahkan judul yang mereka angkat pada TTG itu adalah Bidur Sativa Kaya Manfaat.

“Tekologi yang kami ketengahkan adalah pengolahan kombinasi antara biji durian dengan beras hitam yang dijadikan kopi dengan khasiat yang beragam, diantaranya antioksidan dan gizi yang tinggi,” tutur Umi yang penyabar itu.

Untuk lomba desain grafis, menurut Santi, selaku pembimbing, mengambil tema tentang CR Code. “Sengaja saya memilih Thurfah dan Hakim karena mereka berdua memiliki bakat yang bisa dipadukan. Alhamdulillah, dibawah bimbingan pembimbing-pembimbing yang hebat, Tim MTsN Surakarta 1 berhasil membawa piala umum,” imbuhnya.

Di ajang Komunega yang diselenggarakan oleh MAN 3 Yogyakarta, Tim MTsN Surakarta 1 berhasil memboyong 3 piala untuk mapel Bahasa Inggris (Galardhia/9PK2), mapel Matematika (Nur Naimah/ 9PK2), dan IPA (Nectarinia/ 9PK1) untuk tingkat Jateng dan DIY.

Senin (25/2/19) dalam ajang MAPK Fair, Siti Aqilah Intania (8PK3) berhasil membawa piala di cabang lomba pidato bahasa Inggris. “Nggak nyangka bisa juara. Lawannya bagus-bagus. Tapi, aku tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk madrasah,“ ujar Siti.

“Alhamdulillaah perjuangan Intan tidak sia-sia, dia selalu mau menerima masukan dari pembimbing,” tutur Anwar Afianto, Pembimbing pidato bahasa Inggris. (diana-rma/bd)