Kuatkan Mental Siswa, MTsN 5 Cilacap Hadirkan Motivator

Cilacap – Berbagai langkah ditempuh untuk menyukseskan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).  Salah satu yang dilakukan MTsN 5 Cilacap adalah dengan memantapkan motivasi siswa. Sikap mental para siswa saat menghadapi ujian merupakan hal penting yang harus disiapkan.

Dikatakan Kepala MTsN 5 Cilacap, Toha Machfudi bahwa, salah satu hal penting yang tidak bisa diremehkan adalah menyiapkan sikap mental siswa dalam menghadapi ujian. Berdasarkan pengalaman yang didapatnya, banyak peserta yang gagal dalam berbagai ajang lomba karena kalah mental. Karenanya, dia berfikir bahwa kesiapan mental siswa merupakan bagian yang sangat urgen dalam menghadapi ujian.

Untuk menyiapkan mental yang kuat menurutnya tidaklah mudah. Selain berhubungan dengan beragam karakter siswa, juga memerlukan teknik khusus. Hal ini mengingat semakin dekatnya waktu ujian. Sehingga diperlukan tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

Sebagai bagian dari langkah nyata menuju sukses ujian, MTsN 5 menggelar Training Motivasi bagi kelas IX, Sabtu (24/3) di Aula madrasah. Kegiatan tersebut menghadirkan motivator dari Iqro Training Center Kebumen, Arif Nur Chakim.  

“Bagaimanapun yang namanya bagi sebagian besar siswa masih mendatangkan ketegangan. Sehingga akan dapat menurunkan konsentrasi yang dapat mengakibatkan menurunnya daya ingat. Agar siswa tidak merasa deg-degan, gugup atau gelisah dan lainnya maka diperlukan motivasi yang kuat. Tujuan utamanya yakni untuk meningkatkan rasa percaya diri para siswa. Dengan percaya diri maka diharapkan konsentrasi meningkat dan hasilnya bisa memuaskan,”Katanya.

Untuk lebih memantapkan motivasinya, pihaknya juga menggelar istighosah langsung usai training motivasi. Menurutnya, langkah lahir telah ditempuhnya dari sejak awal mereka menjadi siswa di madrasah yang dipimpinnya. Berbagai kegiatan pembelajaran menggunakan beragam teknik dan metode telah ditempuhnya. Sebagai bagian dari kearifan umat yang taat beragama, maka diperlukan usaha batiniah. Dengan begitu, usaha lahir dan batin semuanya telah ditempuh. Harapannya, UAMBN-BK maupun UNBK berhasil dengan memuaskan dan lulusannya pun berkarakter unggul. (Nurs/bd)