Pembukaan KSM dan AKSIOMA 2017 Tingkat Kota Magelang

Kota Magelang – Dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah, Kementerian Agama menyusun berbagai program demi suksesnya penyelenggaraan pendidikan madrasah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Keberhasilan pendidikan ditopang dengan kesiapan peserta didik secara jasmani dan rohani dalam menerima pendidikan di madrasah. Siswa yang sehat dan berkarakter baik mempermudah pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Untuk itu perlu mengusung program yang memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot dan otak siswa dalam mengembangkan kreativitasi dan prestasi siswa madrasah. Hal inilah yang melatar belakangi diadakannya KSM dan AKSIOMA disetiap tahunnya.

Perhelatan akbar ini digelar di MAN 1 Kota Magelang, Jumat(21/04) dengan tema Membentuk Generasi Sehat Unggul dan Berdaya Saing Global. Kemudian sebagai panitia penyelenggara adalah Seksi Pendidikan Madrasah kemenag kota magelang. Tidak kurang dari 110 Siswa Madrasah Tingkat MI, MTs dan MA di Linkungan Kantor Kementeriaan Agama Kota Magelang Mengikuti Kompetisi Sains Madrasah. Adapun yang dilombakan dalam KSM meliputi 3 mapel untuk MI yaitu Biologi, Matematika dan Agama Islam,  4 mapel untuk MTs yaitu Biologi, Matematika, Fisika dan Agama Islam dan 7 mapel untuk MA yaitu Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi dan Agama Islam.

Sedangkan untuk AKSIOMA di cabang Seni meliputi MTQ tingkat MI, Mts dan MA, Pidato, Bahasa Indonesia untuk Tingkat MI, Pidato Bahasa Arab untuk Tingkat MTs, Pidato Bahasa, Inggris untuk Tingkat MA, Kaligrafi untuk tingkat MTs dan MA, Madrasah Singer Untuk Tingkat MA, Tahfidz Untuk Tingkat MTs, Hadroh untuk Tingkat MTs. Adapun di cabang olahraga meliputi Buku tangkis Untuk tingkat MTs dan MA, Tenis Meja untuk Tingkat Mts dan MA, dan Futsal untuk tingkat MA.

Sebelum perhelatan, acara diawali dengan apel pagi dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Kota Magelang beserta jajarannya. Didalam sambutannya sekaligus membuka acara KSM dan AKSIOMA, Anif Solikhin memaparkan dihadapan para pendamping, Official dan peserta, memberikan apresiasi kepada panitia dan jajarannya karena telah melaksanakan keputusan Dirjen Pendis yang berwujud kegiatan KSM dan AKSIOMA. “Apresiasi kepada panitia dan jajarannya karena telah melaksanakan keputusan Dirjen Pendis yang berwujud kegiatan KSM dan AKSIOMA,” Ujarnya.

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah dan Ajang kompetisi seni dan Olah raga madrasah tahun 2017 bertujuan untuk peningkatkan  mutu pendidikan  Sains, Seni dan Olahraga  di  madrasah  secara  komprehensif  melalui  penumbuhkembangan  budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam.

Kegiatan ini juga signifikan bagi terwujudnya semangat siswa dalam belajar di Madrasah sehingga menumbuh kembangkan sifat dalam meraih prestasi belajar siswa yang membanggakan. Ajang kompetisi ini juga merupakan ajang silaturrohmi dalam rangka penguatan Madrasah dan menumbuhkan mental juara dengan sportifitas yang tinggi.(Tim/Af)