Kunker Tim Monitoring IKPA KPPN ke Kemenag Salatiga

Salatiga — Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. M. Soleh Mubin menerima tamu dari Tim Monitoring IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Semarang II. Dalam kesempatan ini,  pertemuan berlangsung di Rumah Makan Salwa Kalibening Salatiga, Selasa (21/09). Hadir dalam kegiatan ini semua pengelola Dipa dan para bendahara pengeluaran Kankemenag Kota Salatiga.

Sukron Saddat, Pembina Teknis Perbendaharaan Negara KPPN Semarang II memberikan informasi terkait capaian realisasi anggaran yang ada di Kantor Kementerian Agama Salatiga, ada satker yang masih di bawah target dan ada satker yang sudah memenuhi target. Diharapkan capaian realisasi sudah mencapai 70%. Adapun penilaian IKPA, dikarenakan pencairan anggaran berbasis kinerja, untuk dapat lebih meningkatkan serapan anggaran dan mengurangi kesalahan dalam proses pencairan anggaran.

“Walapun masih dalam masa pandemi, banyak kendala dan hambatan pencairan dana, saya harap akan lebih banyak lagi pencairan anggaran, agar serapan DIPA sesuai target.” Harapnya.

Ditambahkannya pula, pagu yang masih belum digunakan,untuk dapat segera direalisasikan,walau waktunya tinggal beberapa bulan saja. Terkait capaian output, menurut Sukron yang seharusnya merupakan tugas PPK, untuk dapat diperhatikan dalam pengisiannya. Tahun depan saat sudah menggunakan aplikasi SAKTI, maka capaian output hanya bisa di approve oleh PPK.

KPPN Semarang II menekankan realisasi pagu yang masih nol, untuk bisa dijadikan catatan, agar lebih diperhatikan dan segera di realisasikan. Jika ada kendala dapat dijelaskan dan dilaporkan agar dapat segera mendapatkan solusi. (Humas/Alim-Fitri)