Kuota Calon Haji Banyumas Tahun 2017 Menjadi 1092 Orang

Banyumas – Kabar gembira bagi calon haji Kabupaten Banyumas, pasalnya jumlah kuota calon haji (calhaj) Banyumas tahun 2017 semula berjumlah 865 orang, kini bertambah menjadi 1092 orang. Hal ini disampaikan oleh Kasi PHU Kemenag Amirudin. Menurutnya, penambahan kuota haji tahun ini sejatinya adalah pengembalian ke kuota awal sebelum adanya pengurangan 20 persen.

“Dengan adanya penambahan kuota haji Banyumas, akan mengurangi deretan panjang daftar tunggu yang mencapai‎ angka 24 tahun kini menjadi 19 tahun,” ujarnya, Jumat(17/3). Selain itu, penambahan kuota khusus diluar 1092 diprioritaskan bagi calon haji yang berusia lanjut (lansia) atau yang berusia 75 tahun keatas melalui mekanisme pengajuan permohonan. Calon haji mengajukan permohonan dan akan diverifikasi di tingkat Propinsi, untuk Banyumas sudah diajukan permohonan tambahan untuk 89 calhaj usia lanjut dan 18 calhaj penggabungan antara istri, suami, anak, dan atau keluarga, tambahnya.

Ditambahkan Amirudin, pihaknya akan menindaklanjuti surat edaran Dirjen PHU tentang rekomendasi pembuatan paspor umroh dan haji khusus yang dibuatkan oleh Kakankemenag. Rekomendasi diterbitkan dengan syarat menunjukkan surat ijin operasional PT maupun biro perjalanan umroh (PIHK dan PPIU) ditambah bukti setoran awal BPIH khusus.

Pelaksanaan pembuatan paspor calon Jemaah haji rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Maret sampai dengan 30 Maret 2017 bertempat di Kantor Imigrasi Cilacap. Calon haji akan dibagi menjadi lima rombongan dan diatur jadwal pembuatan paspor sehingga tidak terlalu banyak antrian. (hk/bd)