Lancar dan Menyenangkan, Uji Coba PTM MAN 2 Brebes

Brebes –   MAN 2 Brebes merupakan salah satu madrasah yang yang mendapat izin melaksanakan uji coba Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) tahap II di wilayah Jawa Tengah. Uji coba PTM yang dimulai sejak tanggal 26 April – 7 Mei berlangsung lancar.

Kepala MAN 2 Brebes, Lutfil Hakim  menyampaikan terima kasih kepada Kankemenag Kab. Brebes, Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Brebes dan orang tua siswa yang mengizinkan anak mereka untuk mengikuti uji coba PTM.

Sebelumnya Uji coba PTM telah dipersiapkan secara matang baik model pembelajaran hingga penerapan protokoler kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah pelaksanaan hari pertama sampai hari kesebelas ini lancar, tidak ada kendala. Siswa datang dengan tertib, mengikuti pelajaran hingga pulang juga tertib,” kata Lutfil.

Pihaknya berharap kelancaran uji coba PTM terjaga hingga berakhir pada 7 Mei 2021 mendatang. Pada akhir uji coba PTM, guru akan dirapid stes. Mudah-mudahan hasilnya negatif sehingga uji coba PTM bisa ditinggatkan..

Ketua Tim PTM, Eti Sophia Wijayanti, lebih lanjut menjelaskan bahwa uji coba PTM diikuti  108 Siswa kelas X. Mereka dikelompokkan dalam 6 ruang kelas yang berisi 18 siswa tiap kelasnya. Adapun waktu Pembelajaran hanya  150 menit tanpa istirahat dengan 30 menit pertama untuk pembiasaan dan/atau edukasi. Sementara guru yang dilibatkan per harinya berkisar 36 guru dan 6 karyawan.

Sejumlah siswa mengaku senang kembali belajar di madrasah meskipun masih uji coba. “Senang banget, lebih nyaman belajar dengan tatap muka karena jika ada kesulitan bisa langsung dikomunikasikan dan materi lebih mudah dipahami,” ucap Anisa, salah seorang siswa X MIPA 2.

Dikatakan oleh Anisa bahwa sebelum uji coba PTM telah mendapat sosialisasi dari pihak madrasah. “Kita haruspakai masker dan jaga jarak. Sebelum masuk kelas juga cuci tangan lalu diukur suhu badan terlebih dahulu,” ujarnya. (ESW/Sua)