Launching Gerakan “Pesantren Jateng Serentak Vaksin Covid-19” di Kabupaten Magelang

Kota Mungkid – Pesantren adalah salah satu unsur bangsa yang juga terdampak oleh adanya pandemi COVID-19, sehingga pelaksanaan vaksinasi ini menjadi sangat penting maka Kantor Kemenag Kab. Magelang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Magelang menyelenggarakan launching gerakan pesantren jateng serentak  vaksin covid-19, Kamis (2/9/2021).

Kegiatan dilaksanakan di dua lokasi, yang pertama di PPS Ianatul Mujtahidin dengan jumlah peserta vaksinasi 132 orang, tempat kedua di PP Al Iman Muntilan jumlah peserta 328 orang. Pelaksanaan vaksinasi di PPS Ianatul Munathidin dihadiri secara langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Zainal Fatah didampingi oleh Pengasuh PP Ianatul Mujtahidin KH Hanif Ahab.

Pada kesempaatan itu Zainal Fatah menyampaikan dengan ikhtiar lahir selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan 5M dan vaksin, serta ikhtiar batin dilakukan dengan berdoa dan berserah diri kepada Alloh SWT.

“Pemerintah melaksanakan dengan gencar vaksinasi terssebut adalah sebagai upaya percepatan terbentuknya kekebalan imun masyarakat termasuk di Pondo pesantren,” jelas Zainal Fatah.

Zainal Fatah berharap dengan kegiatan vaksin Covid-19 tidak hanya menyelamatkan diri sendiri tapi juga melindungi orang-orang di sekitar kita. Namun meskipun setelah divaksin protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan sebagai upaya pencegahan virus Covid-19.

Dengan pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren tersebut Zainal Fatah menyampaikan apresiasi Pesantren Al man dan Pondok Pesantren Salafiyah anatul Mutathidin dalam perannya ikut berpartisipasi mempercepat vaksinasi bagi masyarakat. “InsaAllah vaksin bakal membentuk imunitas seseorang dan manfaat jangka panjangnya ialah muncul kekebalan kelompok atau herd immunity,” harapnya.

Dalam acara ini juga dihadiri Forkopimca Kecamatan Tegalrejo dan juga melibatkan vaksinatordari Dinas Kesehatan serta petugas gabungan yang terdiri atas dinas kesehatan, TNI, dan Polri.(toy/Sua).