Launching Pelayanan Nikah Satu Atap, KUA Padamara Semakin Mantap

Purbalingga – Pelayanan Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga semakin ditingkatkan. KUA Padamara bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia Unit Kalitinggar Padamara dan Puskesmas Kecamatan Padamara membuka pelayanan nikah secara cepat dan efisien dengan mengadakan Program Pelayanan Nikah Satu Atap.

Kepala KUA Kecamatan Padamara, Henusi pada acara Launching Pelayanan Satu Atap, di KUA Kecamatan Padamara, Senin (03/04) menyampaikan, Pelayanan Satu Atap bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan pernikahan kepada Masyarakat, khususnya calon pengantin.

Lebih lanjut Henusi menjelaskan, Program Pelayanan Satu Atap di KUA Kecamatan Padamara meliputi 3 pelayanan sekaligus dan berharap bisa berjalan lancar dan tertib.

“Tujuan dari Program Pelayanan Nikah Satu Atap yang meliputi 3 pelayanan yaitu pelayanan pemeriksaan administrasi calon pengantin atau conton, pelayanan imunisasi, serta pelayanan setor  biaya nikah bagi yang melaksanakan nikah di luar kantor atau di luar jam kantor ke Bank BRI adalah memberikan kemudahan serta mempercepat pelayanan nikah kepada masyarakata khusunya calon pengantin dan saya berharap program ini bisa berjalan lancar dan tertib,” jelas Henusi.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Kepala BRI Unit Kalitinggar, Adi Susilo dan Kepala Puskesmas Padamara, yang diwakili dr. Linda Sundjaja, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ahmad Muhdzir memberikan apresiasi atas program Pelayanan Nikah Satu Atap di KUA Padamara. Ahmad Muhdzir menyampaikan, Pelayanan Nikah Satu Atap di KUA Padamara adalah KUA pertama di Kabupaten Purbalingga yang melaksanakannya dan berharap program ini bisa menjadikan pelayanan pada masyarakat lebih efektif, efisien dan semakin dekat melayani sebagai wujud implementasi tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama, serta bisa menjadi bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.

“KUA Padamara merupakan yang pertama melaksanakan Program Pelayanan Nikah Satu Atap, diharapkan bisa mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan, tidak hanya pihak KUA dan calon pengantin saja yang di untungkan tetapi pihak BRI dan Puskesmas juga. Dengan program ini menjadikan KUA lebih dekat melayani umat sebagaimana tema HAB Kemenag tahun 2017 serta pelayannya jadi lebih efektif dan efisien,” tegas Muhdzir.

Pada akhir acara Launching Program Pelayanan Nikah Satu Atap, secara simbolis sepasang calon pengantin melaksanakan praktek pelayanan oleh petugas dari BRI dan imunisasi pengantin oleh petugas dari Puskesmas Padamara. (sf/gt)