Launching SIOPAK, Kepala Kantor Kemenag Apresiasi Inovasi Pengawas PAI

Slawi – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal melakukan pembenahan di berbagai hal. Perbaikan sarana pra sarana terus digalakkan untuk menunjang pelayanan Kantor, diantaranya yakni pembangunan faslitas yang ramah disablitas, ruang bagi ibu menyusui dan ruang bermain anak pada pusat layanan PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Sukarno pada saat memberikan pengarahan pada acara Launching aplikasi SIOPAK (sistem Informasi Organisasi Pembinaan dan Administrasi Kepengawasan) Rabu, 10 November 2021 di Aula Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal.

Lebih lanjut, Sukarno mengapresiasi langkah pengawas PAI ini dalam upaya meningkatkan layanan melalui inovasi berbasis Website. “Dalam upaya meningkatkan layanan, apalagi kantor kita sedang dalam upaya meraih Zona Integritas menuju wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, inovasi sangat dibutuhkan untuk mempermudah masyarakat memperoleh layanan Kementerian Agama. SIOPAK sebagai salah satu layanan baru berbasis website ini diyakini akan mempermudah GPAI dan Pengawas PAI untuk mengembangkan diri dengan memanfaatkan website ini” tambah Sukarno.

Sementara itu ketua Pokjawas PAI, Tarokhim menyampaikan di era global dan pesatnya teknologi  informasi ini, tidak dipungkiri bahwa keberadaan sebuah website untuk sebuah organisasi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi sekaligus sarana untuk pembinaan meningkatkan kompetensi pengawas PAI dan GPAI.

“berbagai kegiatan positif pengawas PAI dan GPAI dapat diunggah, disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat dapat mengetahui sejumlah prestasi yang telah diraih oleh pengawas dan GPAI. Sebagai media pembelajaran, pembinaan dan peningkatan kompetensi, website SIOPAK menjadi sarana komunikasi antara pengawas PAI dengan GPAI dan seluruh elemen pendidikan” demikian tarokhim menjelaskan.

SIOPAK dilauanching oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, selain itu dihadiri pula oleh seluruh pengawas PAI Kabupaten Tegal, Kasi PAIS, Pengurus KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, MGMP PAI SMA dan MGMP PAI SMK. Dengan diluncurkannya SIOPAK diharapkan tercapai output terciptanya komunikasi intensif dan kemitraan antara pengawas PAI dan GPAI. Selain itu, pengawas PAI bisa mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki oleh GPAI untuk memberi bimbingan dan latihan profesionalitas. (Hary)