LDK MAN Temanggung

Temanggung – Bertempat di Kampus MAN Temanggung  berlangsung pembukaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LKD), Sabtu (14/10).  Mengambil tema “Membentuk Karakter Pemimpin Yang Berakhlakul Karimah” kegiatan ini berlangsung selama dua hari Sabtu-Ahad, 14-15 Oktober 2017. Bekerja sama dengan TNI dan PMI Temanggung acara ini diikuti oleh 124  siswa-siswi MAN Temanggung yang terdiri dari Pengurus OSIS, Pengurus Majlis Taklim, Pengurus Pramuka dan PMR yang baru terpilih periode 2017-2018.

Menurut Ketua Panitia, latihan dasar kepemimpinan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan yang ada pada diri peserta didik. “Terlebih di Madrasah Aliyah yang memiliki pondasi ke-Islaman yang kental,” ucapnya. Oleh karenanya perlu untuk mengembangkan dan memelihara fitrah yang telah diberikan Allah SWT yakni fitrah kepemimpinan, lanjut dia.

Kepala Madrasah yang diwakili oleh waka kesiswaan  Nur  Idusiloningtyas S.Ag,  dalam sambutannya dan tausiyahnya menyampaikan bahwa  sebagai siswa tugasnya tidak hanya belajar tapi harus ikut aktif dalam setiap kegiatan yang ada di dalam lingkungan Madrasah, termasuk menjadi bagian dari kepengurusan organisasi-organisasi yang ada di lingkungan madrasah seperti OSIS, MAJLIS TAKLIM, PRAMUKA DAN PMR. “Karena dengan berorganisasi akan memiliki lebih banyak relasi, dan akan semakin banyak wawasan  serta belajar untuk mengembangkan potensi yang ada,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan ketika menjadi pengurus organisasi harus aktif dalam setiap kegiatan, berani berbicara dan beradu argumentasi di depan umum, jangan sampai menjadi pengurus yang tidak punya peran atau andil, melempem atau malah memalukan. Dengan  menghadirkan pemateri dari TNI, PMI dan dari kwarcab serta pemateri dari MAN Temanggung. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membekali pengurus yg baru agar lebih baik dalam menjalankan tugas dan kegiatan serta dapat menyusun program secara lebih realistis dan berdaya guna baik bagi diri mereka sendiri, madrasah dan masyarakat. Khusus untuk pengurus majelis taklim dalam kegiatan tersebut mengadakan kegiatan santunan anak yatim ke Pondok Yatim Piatu Darul Hadlonah putri dengan memberikan santunan berupa,uang sejumlah Rp.3.400.000 dari keluarga besar MAN Temanggung, dan nasi untuk makan siang 100 bungkus.

Kegiatan santunan baru dapat dilaksanakan pada hari ini  karena ketika tgl 10 muharram para siswa  sedang  melaksanakn test tengah semester. Dalam kegiatan santunan juga dimeriahkan dengan penampilan rebana, pungkasnya.(sr/Af)