Lebih Dari 8 Miliar Dana APBD Dibagikan Untuk Guru TPQ, Madin dan Sekolah Minggu

Pati – Menjelang hari raya Idul Fitri, Bupati Pati Haryanto masih membagikan bantuan keagamaan untuk guru TPQ, guru madrasah diniyah sekolah minggu. Kali ini, bantuan dibagikan di wilayah eks kawedanan Tayu yang meliputi lima kecamatan, antara lain kecamatan Tayu, Margoyoso, Gunungwungkal, Cluwak, dan Dukuhseti. Penyerahan bantuan putaran terakhir ini, bertempat di Masjid Al Ilham desa Bakalan kecamatan Dukuhseti, Kamis (14/6/2018)

Bupati dalam kesempatan itu mengungkapkan, bantuan keagamaan yang berasal dari APBD 2018 ini setiap tahun jumlah penerimanya semakin meningkat. Seperti pada tahun ini, jumlah penerima bantuan mencapai 13.370 orang se kabupaten Pati. Tak hanya penerima saja yang mengalami peningkatan, namun di tahun ini untuk jumlah nominal bantuan yang diterima juga mengalami peningkatan. “Yang semula 500 ribu di tahun ini menjadi 600 ribu per orang. Sehingga total keseluruhan mencapai 8 miliar 22 juta rupiah,” terangnya.

Untuk penerima di wilayah eks Kawedanan Tayu, total bantuan berjumlah 1.403.400.000. Dengan penerima dari guru TPQ dan guru sekolah minggu 1899 orang serta 440 orang guru madin .

Walaupun tahun ini bantuan mengalami peningkatan bagi Haryanto jumlah tersebut masih kurang, bila dibandingkan dengan tugas- tugas yang dilaksanakan dan membantu Pemkab Pati dalam membimbing anak agar berakhlak baik juga semakin memahami ilmu agama. “Namun hal tersebut harus tetap kita syukuri dan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah kepada guru TPQ, sekolah minggu dan madin. Walau hanya menerima sedikit per orangnya namun bila digabungkan jumlahnya besar mencapai 8 miliar lebih se kabupaten Pati,” imbuh suami dari Musus Indarnani itu.

Tak hanya itu, Haryanto pun menekankan dari dulu tujuannya mengadakan bantuan ini adalah untuk membantu para guru TPQ, madin dan sekolah minggu. “Tidak ada tujuan atau unsur politik sama sekali hingga saat ini,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, pria berkumis tebal ini berharap bantuan yang diberikan Pemkab, dapat membantu mencukupi kebutuhan jelang hari raya. “Semoga bantuan ini dapat sedikit membantu mencukupi kebutuhan di hari raya yang sebentar lagi akan kita jumpai,” pungkasnya. (PO-Am/bd)