Lima Pesantren di Rembang Ikuti Program Pesantren Sehat

Rembang – Ribuan santri di sejumlah pondok pesantren di Rembang mengikuti program Pesantren Sehat. Program ini difasilitasi oleh Persada (mitra PT Unilever Indonesia) dan Kementerian Agama RI. Untuk melaksanakan program ini, diadakan pelatihan (training) pesantren sehat yang digelar pada awal September 2021.

Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kator Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Tri Mulyani mengatakan, lima pesantren tersebut adalah Ponpes Al-Anwar Sarang, Ponpes Roudlotut Tholibin Leteh Rembang, Ma’hadul Ilmi Asy-Syar’ie (MIS) Sarang , Ponpes Al-Anwar 3 Sarang, dan Ponpes Al-Hamidiyah, Lasem.

Kelima pesantren tersebut mengikuti training secara daring dengan jadwal yang berbeda, mulai 1-6 September 2021,” kata Tri ketika  diwawancara Senin (6/9/2021) di ruang kerjanya.

Tri mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh 20 pengurus pesantren dan santri di bidang kesehatan. Sebagai narasumber yaitu Direktur Persada, Widiandayani. “Pelatihan dilaksanakan sekitar 3 jam,” terang Tri.

Tri mengatakan, dengan pelatihan ini, komunitas pesantren diharapkan akan memiliki dan meningkatkan kebiasaan sehat, yaitu cuci tangan pakai sabun, sikat gigi pada malam hari, memjaga kebersihan dan kesehatan kulit, wajah dan badan. “Selain itu juga menjaga kebersihan lingkungan pesantren dengan disinfektan dan pengelolaan sampah,” kata Tri.

Program Pesantren Sehat ini sangat tepat, utamanya dalam menghadapi pandemi Covid19 ini. “Dengan program ini, santri diharapkan dapat terhindar dari Covid19 dan penularan kuman serta penyakit lainnya. Seperti diare, ISPA, DBD, cacingan, hepatsisi dan lainnya,” sambung Tri.

Kelima Ponpes  tersebut termasuk pesantren dengan jumlah santri yang besar, yaitu ratusan hingga ribuan santri. Sebelumnya, Persada juga telah melakukan pendampingan program Pesantren Sehat ini telah dilaksanakan di 5 pesantren lainnya. Yaitu PP Alhamdulillah Sulang, PP Zumrotut Tholibin, PP Nural Firdaus Sulang, PP MUS Sarang dan PP Al-Falah Gunem.

Fasilitas Pesantren Sehat

Sebagai tindak lanjut, kelima ponpes tersebut akan menerima fasilitas Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari PT Unilever. Hal ini diungkapkan CSR Persada, Purnomo. “Unilever akan mensupport materi edukasi berupa flipchart (lembar balik), kalender Gerakan 21 hari cuci tangan dan sikat gigi. Juga produk produk Unilever seperti sabun, pasta gigi, shampoo, pembersih bau badan, pembersih lantai, pembersih piring,” terang Purnomo.

Sementara pendampingan pesantren Sehat ini akan di dilaksanakan oleh Persada sampai bln November. — iq