Kakankemenag Kab. Pekalongan Lakukan Monitoring Pelaksanaan ANBK di MTs N 1 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Seiring dengan pelaksanaan ANBK di hari pertama, Rabu 6 Oktober 2021, MTs N 1 Pekalongan mendapat kunjungan dan monitoring dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. Hadir dalam monitoring tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama H. Kasiman  Mahmud Desky, M.Ag beserta Kasi Penmad. Drs. H. Busaeri, MH. Kamis, (7/10/2021).

Kunjungan dan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung kondisi lapangan di  madrsah tentang penyelenggaraan, sarana prasarana pendukung kelancaran proses seperti jaringan intetnet dan kondisi peserta didik dalam mengikuti ANBK.

Peserta ANBK di MTs N 1 Pekalongan terdiri atas siswa kelas VIII dengan jumlah 45 siswa  terbagi atas tiga ruangan ANBK yang masing-ruangan  terdapat 15 peserta dan 4 peserta cadangan hari pertama  pelaksanaan ANBK semua  peserta dapat hadir dan mengikuti ANBK ini.

Dalam kunjungan dan monitoring pelaksanaan ANBK tersebut Kakankemenag, H.  Kasiman Mahmud Desky di ruang kepala madrasah menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan ANBK di MTs N 1 Pekalongan.

“Terimkasih pada MTs N 1 Pekalongan atas penyelenggaraan ANBK tahun 2021 dengan tertib, disiplin dan konsisten dengan tetap melaksanakan prokes. Semoga lancar tiada kendala dan sukses.”Kasi Penmad H. Busaeri menyampaikan,” tutur Kakankemenag.

Kakankemenag, H. Kasiman Mahmud Desky juga berharap Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diselenggarakan ini dapat sebagai upaya untuk mendapatkan data yang akurat dan penilaian terhadap mutu yang dimiliki satuan pendidikan. Tidak mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi memetakan sistem pendidikan dan sebagai data untuk  peningkatan mutu pendidikan.

Sementara itu Kasi Penmad, H. Busaeri juga menyampaikan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan ANBK dan berharap hasil ANBK nantinya juga tidak mengecewakan.

“Alhamdulillah ANBK yang dilaksanakan oleh MTs N 1 Pekalongan berjalan dg baik, sukses dan lancar dengan mematuhi prokes ketat, semoga hasilnya baik, karena menjadi alat ukur kemajuan lembaga pendidikan. Dengan pelaksanaan yang sukses dan hasil yg sukses mudah-mudahan  menjadikan MTs N 1 Pekalongan semakin maju, mandiri dan berprestasi.” ujarnya.

Kepala Madrsah H. Muhlisin menyatakan kunjugan dan monitoring tersebut sebagai motivasi dan selalu siap melaksanakan berbagai hal penting untuk melaksanakan layanan pendidikan dan kemajuan madrasah. “Dengan adanya monitoring maka dapat diperoleh informasi kaitannya kekurangan dari pelaksanaan ANBK yang mana kekurangan tersebut akan dapat disempurnakan demi keberhasilan dan kemajuan pelaksanaan ANBK berikutnya,” demikian jelasnya. (US-IY/Ant/bd).