Lima Siswi MAN Rembang Lolos Program Bidikmisi Undip

Rembang – Sejumlah peserta didik MAN Rembang turut mendapatkan kesempatan untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada Rabu, 26 April lalu, sebanyak tujuh siswa MAN Rembang diterima di Undip dan Unnes, dengan rincian lima siswia lolos seleksi Bidikmisi Universitas Diponegoro, dan dua siswi non bidikmisi Universitas Negeri  Semarang.

Kepala MAN Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, dari 28 pendaftar SNMPTN, tujuh di antaranya di terima di PTN ternama. “Hal ini merupakan suatu kabar gembira. Apalagi sebagian besar dari mereka dari keluarga tidak mampu dan lolos di program Bidikmisi,” kata Anis.

Anis berharap, diterimanya siswa tersebut akan menjadi pemicu semangat bagi adik kelas untuk belajar lebih keras agar dapat mengikuti jejak kakak kelas menempuh kuliah di PTN. “Bagi yang sudah mendaftar namun belum lolos, bisa mengikuti ujian seleksi melalui tes SBMPTN,” kata Anis.

Adapun ketujuh siswa tersebut adalah Rindi Antika yang diterima  di program Studi  ilmu gizi Undip, Lilik Tri Wahyuni di program Studi Akuntansi Undip, Zulfi Nabila di program studi Kimia Undip, Dinda Puspitarini di program studi Budidaya Perikanan Undip, dan Siti Nur Thoyyibah di Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Undip.

Sedangkan dua siswa lain yaitu Winda Ira Muslifah diterima di Program Studi Agribisnis Unnes, dan Trisha Hanida Titisari di Program Studi Seni Musik Unnes.

Menurut Rindi Antika penerima bidikmisi, Prodi Ilmu Gizi Undip, dirinya sangat senang dan akan memanfaatkan sebaik-baiknya pendidikan di Undip. Sementara salah satu peserta SNMPTN yang tidak lolos, Leny Mulyati mengatakan, dirinya tidak patah semangat dan akan mencoba lagi melalui jalur SBMPTN tgl 16 mei 2017 mendatang.        

Dilansir dari http://belmawa.ristekdikti.go.id/2017/04/26/siaran-pers-pengumuman-hasil-snmptn-2017/, jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia sebanyak 101.906 siswa. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pusat dari  jumlah pendaftar sebanyak 517.166 siswa. Dari jumlah yang dinyatakan lulus di PTN tersebut termasuk 27.058 siswa  dari peserta Bidikmisi. (tj/ss/bd)