Live Streaming : Zikir Akbar untuk Bangsa

Semarang – Kementerian Agama sesuai dengan visinya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama mempunyai tugas moral untuk senantiasa memberikan pemahaman agama, pembinaan kerohanian dan memperkuat program-program keagamaan secara masif bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Melalui peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-70, Kementerian Agama Republik Indonesia melaksanakan beberapa  kegiatan guna memeriahkan peringatan HAB tersebut, salah satu dari rangkaian kegiatan berupa Zikir Akbar untuk Bangsa baru saja berlangsung (22/01) di Auditorium H.M. Rasjidi Kemenag RI Jalan MH. Thamrin Jakarta, yang langsung dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin (LHS) beserta jajaran pejabat eselon I Kemenag RI. Adapun acara zikir dipimpin  oleh KH. Saifuddin Amsir dan Ustadz Saifulloh dari Majelis Az-Zikra.

Zikir akbar selain diikuti oleh ASN Kemenag RI dan ASN Kanwil DKI Jakarta juga dipancarkan langsung ke seluruh Kanwil Kemenag se-Indonesia melalui jalur Virtual Private Network (VPN), sehingga dapat disaksikan oleh seluruh Kanwil Kemenag se-Indonesia secara langsung (live streaming).

Kesuksesan dari keseluruhan acara ini merupakan kerja keras dari Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PINMAS) pada Sekretariat Jenderal RI dengan dukungan Personal in Charge (PIC) di masing-masing kanwil yang telah merumuskan, menyiapkan dan melakukan uji coba dengan harapan acara dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. 

Dalam Zikir Akbar Menag menekankan pada seluruh jajarannya bahwa di usia ke-70 kementerian agama sebagai bahan untuk melakukan refleksi, evaluasi dan kontemplasi terhadap capaian berbagai hal dan target yang belum terpenuhi.

“Zikir merupakan cara untuk kembali menyadari keberadaan kita, bahwa semua berasal dariNYA dan akan kembali padaNYA, karena hakikatnya kerja adalah ibadah sehingga dengan peningkatan kinerja yang maksimal merupakan wujud kesyukuran kita kepada Allah atas limpahan nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita,” ucap Menag dalam sambutannya.

“Karenanya melalui 5 nilai budaya kerja yang meliputi  integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan, sesungguhnya kesemuanya berasal dari nilai-nilai agama yang pada akhirnya bermuara kepadaNYA,” tegas LHS menambahkan.

Menurut agenda acara live streaming akan dilanjutkan nanti malam pada acara Tasyakuran dan Pagelaran 70 Tahun Kementerian Agama yang mengambil tempat Taman Ismail Marzuki Jakarta, pukul 19.00 s.d. 22.00 WIB, yang rencananya diikuti sekitar 1200 orang, terdiri dari Menteri Agama, Pejabat & Pegawai Kementerian Agama, Mantan Menteri Agama, Mantan Pejabat Eselon I Kementerian Agama, Tokoh Agama, Mitra Kementerian Agama dan undangan. (gt/gt)