Koordinasi Penyelenggaraan Haji 2017 Kemenag Wonosobo Dengan DKK Kab. Wonosobo

Wonosobo –  bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo (DKK Wonosobo) dilaksanakan koordinasi terkait kesehatan jamaah haji  dalam Penyelenggaraan Haji 2017,  (08/02).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  DKK Kab. Wonosobo menyampaikan Semakin dekatnya waktu untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2017, serta untuk mengantisipasi permasalahan seputar kesehatan jamaah haji,  karena menyadari permasalahan seputar kesehatan jamaah haji dari tahun ke tahun semakin komplek maka perlu dilakukan kegiatan rapat  koordinasi.

“kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan segala sesuatunya dalam memberikan layanan  terbaik bagi masyarakat Wonosobo khususnya dalam hal layanan Haji tahun 2017 nantinya”. terangnya

Acara koordinasi dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kecamatan se Kab. Wonosobo beserta dokter dan staf DKK Wonosobo. Rapat Koordinasi ini diampu langsung oleh Kabid P2P DKK Wonosobo Bapak Jaelani, DINKES PROV JATENG Bapak Sarno, dan dari Kementerian Agama Kab. Wonosobo oleh Bapak Cahyo Sukmana.

Rapat yang dimulai jam 10.00 WIB ini lebih fokus pada koordinasi dan pemetaan calon jamaah haji 2017 yang diprediksikan akan berangkat pada pertengahan tahun 2017.  Sambutan serta Materi Pertama disajikan oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesahatan Kab. Wonosobo bapak Jaelani, dalam sambutannya beliau sampaikan ucapan terimakasih karena seluruh tamu undangan dan pemateri dapat hadir dalam rakor yang diselenggarakan secara lebih dini ini, harapan beliau dengan rapat lebih dini nantinya layanan dapat berajalan lebih baik dari tahun sebelumnya, materi yang disampaikan beliau lebih pada evaluasi penyelenggaraan kesehatan haji tahun 2016 yang kemudian diharapkan ada Support khusus dari Pemda Wonosobo dan Kemenag dalam penyelenggaraan tahun ini dengan harapan dapat mengefektifkan waktu dan optimalisasi layanan pada tiap-tiap Puskesmas Kecamatan di Kabupaten Wonosobo ini.

“pada tahun ini pula puskesmas tetap menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan jamaah haji di kab. Wonosobo,” imbuhnya.

Acara kedua dari Kantor Kementerian Agama Kab. Wonosobo yang disampaikan oleh Kepala Sub Bag. TU Kemenag Wonosobo H. Cahyo Sukmana, dalam paparannya beliau menyajikan review data penyelenggaraan Haji tahun 2016, kemudian beliau juga menyampaikan prediksi pemberangkatan haji tahun 2017, tak lepas dari itu dalam materinya beliau juga menyampaikan bantuan untuk lebih selektif tentang kesehatan dan kondisi jamaah yang akan berangkat nantinya, konsumsi pada saat pra maupun pasca di tanah suci.

“menurutnya permasalahan konsumsi cenderung menjadi issu yang muncul kepermukaan setiap tahunnya.” terang Cahyo.

Kemudian untuk jumlah tepat dan nama alamat jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 2017 untuk kabupaten wonosobo, beliau belum dapat menyampaikan secara terperici dan pasti, hal ini terkait dengan data siskohat nasional. Untuk agenda pengukuran kebugaran yang akan dilaksanakan oleh DKK Kab. Wonosobo, kemenag Wonosobo melalui Cahyo Sukmana, beliau sampaikan akan segera mengkoordinasikan dengan bagian Haji Umroh Kemenag Wonosobo agar segera menentukan dateline dan daftar jamaah kab. Wonosobo yang akan berangkat pada tahun 2017 ini.

Sebagai penutup paparan dari bagian haji dan umroh Kemenag Wonosobo melalui perwakilan Kasubag TU menyampaikan Kemenag Wonosobo akan menunggu regulasi Valid dari pusat mengenai data calon jamaah yang akan berangkat haji pada tahun 2017 ini dan segera dikomunikasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo. (Humas/Af).