Lomba Kreatifitas Anak, Tanamkan kemandirian dan Sportivitas Anak

Surakarta – Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Surakarta, mengadakan kegiatan Lomba Kreatifitas Anak sebagai rangkaian kegiatan terakhir dalam rangka memperingati HAB ke 73 Kementerian Agama Tahun 2019, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta,  Sabtu (12/1) kemarin.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 WIB itu diramaikan oleh peserta lomba yang terdiri dari ratusan anak-anak yang didampingi orang tuanya.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama yang berhalangan  hadir,  Syamsuddin selaku Kasubbag Tata Usaha, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada IGRA Kota Surakarta selaku panitia kegiatan, dan orang tua murid yang mendukung kegiatan terebut sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan semacam ini, menurutnya,  disamping sebagai sarana silaturrohmi juga menanamkan sikap kemandirian dan sportifitas pada anak sejak dini. Karena, harus ada yang kalah dan menang.

“Seperti pepatah jawa, menang ora umuk  dan kalah ora ngamuk,” pesan Syamsuddin kepada para peserta.

Dengan lomba tersebut Syamsuddin berharap, anak sebagai generasi penerus dan calon pemimpin 20-30 tahun mendatang bisa menjadi pemimpin yang baik dan bijak karena telah dilatih selain  kemandirian dan sportifitasnya juga berjiwa besar.

“Jika kelak menjadi pemimpin, Insya Allah jadi pemimpin yang adil dan bijaksana,” harap Samsudin

Melalui lomba ini belajar berlatih untuk menerima kekalahan dengan lapang dada dan belajar untuk beryukur apabila ia menang dalam lomba.

Sementara itu, ketua panitia lomba, Kamilah , dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini diikuti 800 peserta anak RA se kota Surakarta, dengan menyajikan tiga macam lomba ; Lomba Hafalan Surat Al Baqoroh ayat 255, kategori putra dan putri,  Lomba Mewarnai, dan Lomba lari Estafet.

Kamilah menyebutkan, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya di Taman Hiburan Remaja (THR) Sriwedari. Berhubung THR sekarang sudah tidak ada, dirobohkan beberapa bulan lalu, maka pelaksanaan Lomba Kreativitas Anak ini berlangsung di Serambi Masjid, Aula, dan lapangan Bola Voli di Lingkungan Kemenag Kota Surakarta.

Adapun para pemenang Lomba Hafalan S.Al Baqoroh Ayat  255 putra Juara 1 dari RA Amanah Ummah 1 Surakarta,  Putri Juara 1 dari RA Al Islam 3 Surakarta, Lomba Lari Estafet Juara 1 dari Kecamatan Pasarkliwon Surakarta, Lomba Mewarnai Juara 1 dari RA Arafat Reksoniten. Lomba dimulai dengan ditandai pelepasan balon oleh H. Syamsuddin dan disambut dengan tepuk tangan yang meriah para peserta dan tamu yang hadir. (sarkin_rma/wul)