Lomba Mapel HUT Ke-26 Metrobara Berbasis E-learning

Banjarnegara – Sabtu, (30/10) Dalam rangka Hari Ulang Tahun MTs Negeri 2 Banjarnegara ke-26, panitia gelar lomba Mapel PAI dan Bahasa Arab berbasis elearning yang diikuti Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Banjarnegara. Sejumlah 37 peserta dari berbagai MI se-Kabupaten Banjarnegara ikuti lomba mapel.

Menurut Wangid Sunandar selaku koordinator lomba Mapel PAI dan bahasa Arab lomba tersebut sengaja diadakan sebagai ajang kompetisi bagi peserta didik MI agar mereka mempunyai pengalaman yang lebih dan memiliki wawasan tentang pengetahuan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab serta menanamkan jiwa bersaing dengan peserta yang lain untuk meraih prestasi dan memiliki mental yang kuat.

Lomba tersebut di gelar di dua laboratorium komputer yang dimiliki oleh MTs Negeri 2 Banjarnegara. Sebelum lomba dimulai, proktor menjelaskan kepada para peserta tentang tata cara menggunakan aplikasi elearning mulai dari masuk ke aplikasi elearning sampai cara mengerjakan soal dalam aplikasi tersebut dan  tata cara mengakhiri mengerjakan soal agar apa yang sudah dikerjakan nilainya bisa masuk dalam aplikasi elearning.

“Lomba yang diadakan dengan menggunakan aplikasi elearning merupakan salah satu cara memperkenalkan pada peserta didik MI agar lebih mengenal Information Technology (IT) dalam pembelajaran. Semua itu akan sangat menambah pengalaman bagi para peserta lomba dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,” jelas Mujib Abdillah selaku proktor dalam lomba Mapel PAI dan Bahasa Arab.

Ungkapan senada disampaikan oleh panitia melalui sekretaris. “Semua ajang lomba tersaji secara daring yang termuat pada juknis lomba. Hal ini memudahkan pendataan peserta lomba dan peserta itu sendiri dalam pengerjaan soal CBT berbasis elearning,” jelas Eko Riskiyanto.

Sejak masa pandemi Covid-19 MTs Negeri 2 Banjarnegara menggunakan aplikasi elearning. Awal pandemi metode pembelajaran menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Aplikasi elearning juga merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan di MTs Negeri 2 Banjarnegara diantaranya digunakan untuk Penilain Harian Terstruktur (PHT), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam penilain,” pungkas Ratna Ayu Kartika wulan selaku kepala Madrasah. (sf/swp.ak/rf)