Kemenag Fasilitasi Soal USBN PAI

Surakarta – Kemenag Kota Surakarta, melalui seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) mengadakan rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan USBN mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI)  bersama Dinas Pendidikan Kota Surakarta di Aula Kemenag Kota Surakarta Senin(1/4). Rakor diikuti 20 orang terdiri dari perwakilan pengurus KKG SD tiap kecamatan dan pengurus MGMP SMP.

Rakor yang dipimpin oleh KASI PAKIS Kemenag Kota Surakarta, Zarkasi, tersebut dihadiri Kasi Kurikulum SD dan SMP,Dinas Pendidikan Kota Surakarta,Pengawas PAI SD dan PAI SMP.

Dalam sambutannya, Kasi Pakis Kemenag Kota Surakarta, Zarkasi, mengatakan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah telah memfasilitasi pembuatan kisi-kisi dan soal USBN PAI.

“Kisi-kisi dan soal USBN PAI dibuat di provinsi oleh tim yang ditunjuk  Kanwil Kemenag  Jawa Tengah dari unsur KKG SD,MGMP SMP, MGMP SMA dan MGMP SMK,”paparnya.

Selanjutnya,menurut Zarkasi, master soal dan kisi-kisi USBN PAI SMA dan SMK diserahkan langsung oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jateng kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Sedangkan master soal dan kisi-kisi USBN PAI SD dan SMP diserahkan ke Kemenag Kabupaten / Kota untuk diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota.

“Kami telah menyerahakan master soal dan kisi-kisi USBN PAI SD dan SMP kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Untuk keamanan,penggandaan dan pendistribusian soal USBN PAI diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Abdul Haris Alamsyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa terkait persiapan pelaksanaan USBN PAI SMP, soal USBN PAI SMP telah digandakan oleh MKKS SMP dan telah didistribusikan ke sekolah-sekolah. “Adapun pelaksanaan USBN PAI SMP akan berlangsung hari Senin,8 April 2019,” katanya.

Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Rita Nirbaya, pada kesempatan itu  menyampaikan informasi persiapan pelaksanaan USBN PAI SD yang akan dilaksanakan besok pada hari Kamis,25 April 2019.

“Untuk soal USBN PAI SD akan digandakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surakarta selanjutnya akan didistribusikan ke masing-masing Korwil,”jelas Rita.

Sebagai penutup, Zarkasi mengingatkan guru-guru PAI melalui Pengawas PAI dan  perwakilan pengurus KKG SD dan MGMP SMP untuk melaporkan hasil USBN PAI tepat waktu setelah pelaksanaan USBN PAI secara online.

Menurut Zarkasi, usai USBN, Kanwil Kemenag Propinsi akan merekap data hasil USBN PAI untuk mengetahui tingkat capaian keberhasilan Pendidikan Agama Islam. (miyati­-rma/bd).